Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur? Simak 6 Tips Berikut 

Kompas.com - 23/02/2024, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki karakter masing-masing. Ada anak yang mudah menurut perintah orangtua, adapula yang susah diatur. 

Namun, pada intinya adalah setiap anak istimewa dengan setiap karakternya masing-masing. Sebagai orangtua, menghadapi anak yang susah diatur memang menjadi tantangan dan kerap menguras kesabaran. 

Baca juga:

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang susah diatur? Simak ulasannya berikut ini seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Membuat aturan bersama anak 

Praktisi Psikologi Anak, Aninda, S.Psi, M.Psi.T., menuturkan, cara mengatasi anak yang susah diatur adalah membuat aturan yang melibatkan anak. Aturan tersebut tidak hanya berlaku bagi anak, namun semua anggota keluarga wajib mematuhinya. 

“Cara mengatasi anak yang susah diatur, bisa dengan membuat aturan secara bersama-sama, termasuk konsekuensi yang terjadi jika aturan tersebut tidak dilaksanakan dengan baik,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Jumat (23/2/2024). 

Melansir dari Verwell Family, anak-anak sebetulnya menyukai aturan dan batasan. Anak-anak merasa aman ketika orangtua dapat menjadi pemimpin yang baik, serta dapat menetapkan dan menegakkan aturan.

2. Beri konsekuensi dan insentif 

Seperti disampaikan Aninda sebelumnya, anak-anak harus diberikan konsekuensi jika tidak melaksanakan aturan yang sudah ditetapkan bersama. Konsekuensi tersebut juga berlaku bagi seluruh anggota keluarga lainnya. 

“Hal ini akan membentuk rasa tanggung jawab pada diri anak untuk mengikuti aturan dan berkomitmen menjalaninya,” kata Aninda. 

Selain konsekuensi, anak-anak juga dapat diberikan insentif agar memotivasi mereka mengikuti aturan, dilansir dari Verywell Family. Insentif tersebut dapat berupa pujian dan hadiah. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com