Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Zumba buat Pemula agar Hasilnya Maksimal 

Kompas.com - 10/03/2024, 11:33 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup menyenangkan karena diiringi dengan musik sehingga membuat bersemangat. Gerakan zumba terinspirasi dari berbagai gaya tarian Amerika Latin. 

Dilansir dari WebMD, zumba termasuk salah satu olahraga yang ramah pemula. Nah, simak tips zumba buat pemula berikut ini agar mendapatkan hasil maksimal. 

Baca juga:

Tak hanya menyenangkan, zumba juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 300 dan 900 kalori selama satu jam, dilansir dari Healthline. 

Selain itu, zumba dapat membantu menurunkan berat badan, membentuk otot, menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, mengurangi risiko diabetes, dan masih banyak lainnya. 

Tips zumba buat pemula 

Berikut tips zumba buat pemula dilansir Kompas.com dari India.com, Byrdie, dan WebMD. 

1. Kenakan pakaian nyaman

Agar nyaman saat melakukan gerakan zumba, kenakanlah pakaian yang nyaman dan mudah membuatmu bergerak. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan ringan dan menyerap keringat. 

Misalnya, legging, tank top, dan kaus. Jangan lupa untuk membawa handuk dan botol air saat mengikuti kelas zumba.

2. Pakai sepatu olahraga

Tak hanya pakaian, kamu juga harus mengenakan sepatu yang nyaman. Sebaiknya, pilih sepatu khusus olahraga karena bisa memudahkanmu bergerak selama zumba. 

Pastikan sepatu yang kamu pilih dapat melindungi pergelangan kaki serta mempunyai sol yang tidak licin sehingga mencegahmu tergelincir di lantai selama zumba. 

3. Mulai perlahan 

Bagi pemula, disarankan untuk mengikuti dua atau tiga kelas zumba per minggunya. Kamu bisa menambah kelas, jika stamina tubuh sudah bisa beradaptasi dengan gerakan-gerakan zumba. 

Perlu diketahui, zumba merupakan kategori olahraga dengan interval intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT), yang membutuhkan stamina prima. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com