Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2024, 10:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Banyak orang berharap bisa hidup sampai usia 100 tahun. Namun, tidak hanya umur panjang, kualitas hidup juga sangat penting, terutama jika kamu berencana untuk hidup dalam jangka waktu yang lama. 

Para ahli mengatakan bahwa dengan mempraktikkan kebiasaan kesehatan tertentu, kita tidak hanya dapat memperpanjang umur tetapi juga rentang kesehatan, yakni jumlah tahun sehat di usia senja tanpa penyakit atau cacat.

Dan Buettner, seorang peneliti National Geographic dan penulis buku terlaris New York Times, telah berkeliling dunia untuk mencari Blue Zones —wilayah dengan jumlah orang berusia seratus tahun lebih tinggi dari rata-rata. 

Dengan mempelajari kebiasaan populasi yang berumur panjang ini, Buettner dan timnya mengidentifikasi “Power 9,” ??seperangkat “aturan” yang membantu mendorong orang berumur panjang di seluruh dunia.

Baca juga: 6 Rahasia Panjang Umur yang Harus Kita Ketahui

Apa saja aturan yang bisa memperpanjang umur dan mencegah penyakit di seluruh dunia?

Aturan agar panjang umur

1. Aktif bergerak

Melakukan aktivitas fisik secara teratur sangat disarankan jika kita ingin hidup sampai usia 100 tahun. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang minimal 150 menit per minggu, yang berarti 20 menit setiap hari. 

Selain itu, mereka menyarankan untuk melakukan dua hingga tiga sesi latihan kekuatan mingguan, yang dapat mencakup angkat beban, menggunakan resistance band, menaiki tangga, yoga, atau latihan push-up di rumah.

Namun, Buettner mengatakan bahwa di sebagian besar Zona Biru, gerakan alami sepanjang hari tampaknya sudah cukup.

“Orang-orang dengan umur terpanjang di dunia tidak mengangkat beban, lari maraton, atau mengikuti pusat kebugaran. Sebaliknya, mereka hidup di lingkungan yang terus-menerus mendorong mereka untuk bergerak tanpa memikirkannya. Mereka bercocok tanam, beternak, dan menggembala," tulis timnya.

Ilustrasi orang tua bermain, umur panjang Ilustrasi orang tua bermain, umur panjang

2. Temukan tujuan 

Dari dataran tinggi pegunungan Sardinia hingga Semenanjung Nicoya di Kosta Rika dan prefektur Okinawa di Jepang, tim Buettner juga menemukan bahwa memiliki tujuan dalam hidup dapat membantu memperpanjang usia.

"Orang Okinawa menyebutnya 'Ikigai' dan orang Nicoyan menyebutnya 'plan de vida;' keduanya diterjemahkan menjadi 'mengapa saya bangun di pagi hari.' Mengetahui tujuan hidup kita akan menambah hingga tujuh tahun harapan hidup ekstra," tulis Buettner.

Baca juga: Memahami Ikigai, Rahasia Hidup Bahagia ala Jepang

3. Turunkan tingkat stres 

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun, menurunkan tingkat stres kronis secara sadar dapat berdampak besar pada kesehatan dan umur panjang, seperti yang ditemukan oleh tim Buettner.

“Stres menyebabkan peradangan kronis, yang terkait dengan setiap penyakit utama yang berkaitan dengan usia. Apa yang tidak dimiliki oleh orang-orang dengan umur terpanjang di dunia adalah stres kronis,” catat mereka.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres dalam komunitas orang berumur panjang. Beberapa merasa nyaman dalam berdoa, lainya memiliki lingkungan sosial yang saling mendukung, atau dalam rutinitas perawatan diri, serta meluangkan waktu untuk bersantai.

4. Berhenti makan ketika sudah 80 persen kenyang

Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting jika kamu ingin hidup sampai usia 100 tahun, tetapi seberapa banyak kita makan juga dapat berperan dalam umur panjang, kata para ahli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com