Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rambut adalah mahkota yang tidak hanya dapat memperindah penampilan, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri.

Tak heran, bila kita salah potong rambut atau memotongnya terlalu pendek, hal ini bisa sangat memengaruhi mood atau suasana hati.

Mungkin tidak ada solusi yang bisa dilakukan selain menunggu rambut tumbuh ketika kita merasa tidak puas dengan hasil potongan rambut.

Baca juga: 7 Tips Sehat demi Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Lantas, berapa lama rambut akan kembali tumbuh setelah dipotong? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pertumbuhan rambut setelah dipotong

Adapun laju pertumbuhan rambut dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain berdasarkan berbagai faktor, termasuk etnis.

Dikutip dari laman Healthline pada Selasa (19/3/2024), sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan lebih dari 2.000 orang dewasa muda memaparkan pertumbuhan rambut berdasarkan ras atau etnis:

  • Rambut orang Asia tumbuh sekitar 1,2 cm per bulan, atau hanya di bawah 15 cm per tahun.
  • Rambut orang berkulit hitam tumbuh sekitar 0,8 cm per bulan, atau kurang dari 10 cm per tahun.
  • Rambut orang berkulit putih dan Latin tumbuh sekitar 1,1 cm per bulan, atau 13 cm per tahun.

Misalnya, jika rambut kita lebih panjang dari sebahu, dan kita memiliki rambut bob yang sangat pendek, mungkin perlu beberapa tahun agar rambut tumbuh kembali ke panjang sebelumnya.

Ingatlah bahwa tingkat pertumbuhan rambut juga akan cenderung menurun setelah usia 30 tahun.

Sementara itu, penata rambut selebriti Kristen Shaw juga mengatakan, biasanya rambut tumbuh 0,6 cm per bulan, meskipun beberapa orang secara genetik cenderung menumbuhkan rambut sedikit lebih lambat atau lebih cepat.

"Jika kita memotong rambut hingga tepat di bawah dagu, biasanya dibutuhkan 12 atau 15 cm untuk tumbuh melewati bahu, jadi itu akan memakan waktu 10-12 bulan," terangnya seperti dikutip dari laman Well and Good.

Menurut Shaw, angka ini hanyalah rata-rata yang dapat dipengaruhi secara negatif oleh sejumlah faktor, beberapa di antaranya tidak mudah untuk diperbaiki.

Baca juga: Rangkaian Vitamin untuk Bikin Rambut Tumbuh Sehat

Ilustrasi rambut lebat Ilustrasi rambut lebat

"Saya menemukan bahwa hormon perempuan memainkan peran yang besar, dan dengan munculnya hal-hal seperti autoimun atau kelelahan adrenal pada perempuan, hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan yang lambat, atau rambut rontok," katanya.

Faktor-faktor lain yang dapat menghambat pertumbuhan, menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Francesca Fusco, MD, termasuk nutrisi yang buruk dan perawatan rambut yang tidak tepat atau tidak memadai.

Pemilik salon Spoke & Weal di Los Angeles, Jon Reyman menambahkan, kesehatan kulit kepala yang tidak optimal, sirkulasi yang buruk, dan beberapa obat juga bisa berpengaruh terhadap laju pertumbuhan rambut.

Kemudian, waktu juga membuat perbedaan dalam seberapa cepat rambut kita tumbuh.

"Biasanya pada bulan-bulan musim panas rambut tumbuh sedikit lebih cepat karena sirkulasi. Jika rambut bob sepanjang dagu, akan membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk tumbuh sampai ke bahu," imbuh Reyman.

Baca juga: 4 Tips Sederhana agar Rambut Tumbuh Sehat dan Lebih Kuat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com