Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2024, 14:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam manfaat mandi air hangat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berabad-abad sebelum kehadiran spa modern, orang-orang di seluruh dunia menyukai mandi di sumber air panas alami untuk menyembuhkan penyakit.

Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh mengunjungi spa modern atau pemandian air hangat alami untuk mendapatkan manfaat tersebut. Cukup dengan mandi air hangat di rumah, kamu bisa mendapatkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan mental. 

Baca juga:

Manfaat mandi air hangat

1. Menyehatkan kardiovaskular

Mandi dengan air hangat ternyata meningkatkan kesehatan kardiovaskular, termasuk pembuluh darah hingga jantung.

Sebuah studi di Jepang pada 2020, yang diterbitkan di Jurnal Heart, mengungkapkan bahwa orang yang mandi menggunakan air hangat mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular. 

Penelitian itu melibatkan lebih dari 30.000 orang, dengan usia antara 40 hingga 59 tahun. 

Penelitian lain mengungkapkan bahwa mandi air hangat secara teratur memberikan efek positif pada kesehatan pembuluh darah, vena, dan arteri yang bertanggung jawab atas aliran darah. 

"Hidroterapi dalam bak mandi air hangat akan meningkatkan aliran darah perifer, dan ini meningkatkan penyembuhan jaringan yang teriritasi atau rusak," ujar Meredith Warner, seorang Ahli Bedah Ortopedi di Baton Rouge, Louisiana, dilansir dari Real Simple.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Berendam dalam air hangat bisa merelaksasi tubuh dan memberikan dampak positif untuk kesehatan mental. Fakta tersebut didukung dengan hasil studi yang melibatkan 38 peserta, yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine in 2018.

Para peserta dalam studi tersebut melaporkan adanya penurunan perasaan tegang, kemarahan, depresi, dan kekecewaan usai rutin mandi atau berendam dengan air hangat.

Para peneliti menemukan bahwa mandi air hangat memiliki efek yang lebih besar pada kesehatan mental dan mengurangi kecemasan,” ujar Michael I. Jacobs, Dokter Kulit Bersertifikat dan Professor Dermatologi di Weill Cornell Medical College, dilansir dari Real Simple.

3. Mengurangi stres

Tak hanya meningkatkan kesehatan mental, mandi air hangat secara teratur juga bisa mengurangi stres. 

Menurut Dokter Keluarga di Miami, Laura Purdy, mandi dengan air panas adalah cara yang bagus untuk bersantai dan beristirahat.

“Kegiatan ini membantu otak Anda melambat dan merupakan cara yang bagus untuk mengambil istirahat penuh perhatian,” ujarnya dilansir dari Real Simple.

Dalam penelitian Tiny 2018 yang melibatkan 38 peserta, dilaporkan mandi dengan air panas secara teratur membantu mengurangi tingkat stres dan kelelahan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com