Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mempersiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Lebaran 

Kompas.com - 14/04/2024, 13:33 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Libur panjang Lebaran 2024 telah usai. Kini, waktunya orangtua untuk mempersiapkan anak-anak kembali ke sekolah usai libur Lebaran. 

Tidak dipungkiri, mempersiapkan anak masuk kembali ke sekolah usai libur panjang bisa menjadi tantangan bagi orangtua. Apalagi, jika orangtua juga harus mempersiapkan diri untuk masuk kerja. 

Baca juga: 6 Cara Mendisiplinkan Anak di Sekolah Tanpa Kekerasan

Mengutip Kompas.com (13/4/2024), sebagian pelajar sudah masuk kembali ke sekolah mulai dari Senin (15/4/2024).  

Kompas.com merangkum tips mempersiapkan anak kembali ke sekolah usai libur Lebaran sebagai berikut dilansir dari Johns Hopkins Medicine dan Antara. 

Ilustrasi persiapan anak sekolah usai libur LebaranPEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi persiapan anak sekolah usai libur Lebaran

1. Atur ulang jam tidur 

Melansir dari Antara, Psikolog Husnul Muasyaroh, M.Psi, membagikan kiat bagi orangtua untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah usai libur panjang. Salah satunya adalah mengatur ulang jam tidur.

Biasanya, anak diperbolehkan tidur larut malam dan bangun lebih siang saat liburan. Nah, ketika masa liburan sudah habis, maka orangtua harus mengajak anak untuk mengatur ulang jadwal tidurnya, yakni tidak lebih dari pukul 21.00 malam. 

Dengan mengatur ulang jam tidur, maka anak dapat bangun pagi dalam kondisi segar, serta siap berangkat sekolah. 

“Ajak anak berdiskusi santai tentang topik kembali ke sekolah,” kata Husnul dikutip dari Antara

2. Hitung mundur 

Tips selanjutnya adalah membuat hitung mundur hari kembali ke sekolah. Melansir dari Johns Hopkins Medicine, trik ini bertujuan agar anak-anak sudah mempersiapkan diri dan menghindari liburan tampak berakhir secara tiba-tiba. 

Kelly Henchel, Direktur Medis di General Pediatrics Clinic Johns Hopkins All Children’s Hospital, mengungkapkan ia menggunakan kalender untuk merencanakan liburan dan jadwal masuk sekolah. 

“Untuk anak-anak kecil, mereka dapat mencari gambar yang mewakili tujuan atau tugas mereka, agar kalender tampak lebih menyenangkan,” ujar Henchel dalam Johns Hopkins Medicine. 

3. Ajak anak bicara 

Orangtua bisa mengajak anak berbicara mengenai persiapan kembali ke sekolah. Orangtua bisa secara perlahan mengingatkan mengenai tugas yang belum diselesaikan dan hal apa yang paling dinantikan saat anak masuk sekolah. 

Orangtua juga dapat mendiskusikan kekhawatiran anak saat kembali masuk sekolah. Obrolan dengan orangtua tersebut dapat membantu menghilangkan rasa cemas pada anak dan mengingatkan mereka akan hal yang mereka sukai saat bersekolah. 

Untuk anak-anak yang lebih besar, orangtua bisa membahas mengenai resolusi akademik anak pada tahun ajaran baru. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kecemasan Anak Saat Menghadapi Ujian Sekolah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com