Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif dan Positif Mengenakan Heels bagi Kesehatan

Kompas.com - 22/04/2024, 17:17 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu tipe wanita yang selalu percaya bahwa mengikuti tren fashion harus beriringan dengan kenyamanan?

Ternyata, ada manfaat mengejutkan dari mengenakan sepatu heels tinggi yang mungkin belum kamu ketahui, di samping potensinya dalam merugikan kesehatan.

Jika selama ini ragu-ragu, inilah saatnya untuk mengetahui bahwa heels tidak hanya membuat kamu terlihat lebih tinggi an sexy, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Baca juga: Begini Cara Jalan Pakai Sepatu Hak Tinggi yang Benar

Dampak positif memakai hak tinggi

1. Meningkatkan kemampuan berjalan

Saat memakai sepatu hak tinggi, otot-otot kaki dan betis harus bekerja lebih keras untuk menopang tubuh. Hal ini memungkinkan latihan kecil pada otot-otot tersebut setiap kali kamu berjalan. Akibatnya, seiring waktu, kamu dapat menjadi lebih seimbang dan memiliki postur tubuh yang lebih baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa sepatu hak tinggi dapat membuat kamu menjadi pejalan kaki yang lebih efisien.

Penelitian ini menunjukkan hasil yang mengejutkan, mereka yang mengenakan sepatu hak tinggi menggunakan lebih sedikit energi saat melakukan tes berjalan di atas treadmill.

Selain itu, partisipan yang mengenakan sepatu hak tinggi secara teratur memiliki otot betis yang lebih pendek dan tendon Achilles yang lebih kaku dibandingkan dengan yang mereka miliki di awal penelitian.

2. Meningkatkan kinerja saat berlari

Mungkin terdengar aneh, tetapi penelitian menunjukkan bahwa memakai sepatu hak tinggi dengan ketinggian yang moderat dapat melatih otot-otot kaki dengan cara yang berbeda.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa sepatu hak tinggi bisa membantu pelari dengan membuat tendon Achilles lebih kaku, yang pada gilirannya bisa meningkatkan kecepatan dan efisiensi berlari.

Tapi, para ahli juga mengatakan bahwa ada ketinggian tertentu yang harus dipertimbangkan. Jadi, menggunakan sepatu hak tinggi secara optimal bisa memberi manfaat pada gerakan tanpa menimbulkan masalah seperti rasa sakit, tendon yang lebih kaku, masalah keseimbangan, dan cedera tegang.

Namun penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut soal hal ini sebelum membuat kesimpulan pasti.

"Kemungkinan besar ada keseimbangan yang optimal, antara menggunakan sepatu hak tinggi untuk mendapat efek positif pada gerakan, tetapi tidak menggunakannya terlalu sering sehingga efek negatif lainnya, seperti rasa sakit, tendon yang lebih kaku, masalah keseimbangan, dan lain-lain, tidak muncul," Neil Cronin, PhD, profesor ilmu olahraga dan kesehatan di University of Jyvaskyla di Finlandia, mengatakan kepada WaPo.

3. Meningkatkan kehidupan seksual

Salah satu manfaat mengejutkan lainnya dari mengenakan sepatu hak tinggi adalah dapat meningkatkan kehidupan seksual Anda. Menurut Dr. Maria Cerruto dari Universitas Padova di Italia, sepatu hak tinggi bisa memberikan aktivitas otot panggul lebih baik.

Wanita yang pakai sepatu hak tinggi, yang posisi pergelangan kakinya jadi naik sekitar 2 inci, membuat otot panggul mereka lebih rileks. Otot-otot jadi lebih kuat dan lebih gampang berkontraksi.

Otot-otot ini penting untuk kepuasan seksual, jadi ketika otot-otot panggul lebih rileks karena sepatu hak tinggi, hubungan seks juga bisa jadi lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com