Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2024, 06:08 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain menyesuaikan dengan kebutuhan kulit, perawatan juga perlu dilakukan sedini mungkin.

Hal ini agar kita bisa mengantisipasi potensi-potensi kondisi pada kulit wajah sebelum terlambat.

Namun, bicara soal perawatan kulit sejak dini, seberapa dini kita perlu melakukannya? Apakah anak usia sekolah sudah boleh menggunakan perawatan kulit?

Dr. Arini Astasari Widodo, dermatolog dari Dermalogia Clinic and Skin Care mengatakan bahwa perawatan kulit harus dilakukan sejak seseorang baru lahir.

Baca juga:

Tentunya, pada saat masih bayi, perawatan diberikan oleh orangtua atau pengasuh bayi.

“Dari lahir kita sudah harus merawat kulit dengan mandi dan memakai pelembab,” ucap Arini pada talkshow bertajuk "Kebutuhan Kulit Cantik Perempuan Indonesia di Setiap Fase Kehidupan" di Jakarta Selatan, Sabtu (20/04/2024).

Kulit bayi masih sangat sensitif dan seringkali mengalami ruam kulit ataupun kulit kering, sehingga membutuhkan perawatan seperti memakai pelembap atau krim khusus.

Sementara memasuki usia sekolah, seperti SD dan SMP, anak juga masih memerlukan produk perawatan kulit dasar.

“Anak SD atau SMP juga memerlukan perawatan kulit, namun tidak perlu memakai serum dan rangkaian yang banyak, cukup dengan pelembap dan sunscreen,” lanjutnya.

Sementara jika orangtua ingin memakaikan anaknya serum, maka penting untuk melihat kandungannya terlebih dahulu dan memastikannya aman bagi kulit anak.

 

Baca juga:

Memasuki usia 20 tahunan, kulit akan lebih sering terkena paparan sinar matahari.

Selain itu, kolagen alami pada kulit juga mulai melemah seiring berjalannya usia. Untuk itu, penggunaan produk perawatan kulit yang intensif dibutuhkan memasuki usia ini.

Pada usia ini, diperlukan skincare yang mengandung bahan anti-aging atau anti-penuaan karena kerutan-kerutan kecil mulai muncul.

“Kalau serum yang mengandung bahan anti-aging, bisa dipakai jika ada indikasi yang muncul, seperti kerutan kerutan yang mulai terlihat” tuturnya.

@kompas.lifestyle Siapa nih yang punya masalah jerawat tapi maju-mundur pengin coba perawatan di klinik kayak aku ? Perawatan jerawat di klinik sakit nggak sih?? Aku baru aja nyoba treatment jerawat di klinik Eva Mulia Citra Raya. Selain di Citra Raya, Eva Mulia juga punya klinik di  8 lokasi lainnya, yakni di Tebet, Grogol, Gandaria, Cimone, Bintaro, Ciledug, Kelapa Gading, dan Galaxy Bekasi. Tonton videonya sampai habis buat tau review treatment jerawat yang aku coba, ya! #treatmentklinik #treatmentjerawat #beautytips #treatmentbarengbestie ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com