Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2024, 20:23 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Seiring perkembangan produk skincare, muncul varian sunscreen atau tabir surya yang baru yakni tinted sunscreen. Sebagian beauty enthusiast mungkin tidak asing lagi dengan produk ini, namun apa itu tinted sunscreen

Beberapa waktu lalu, tinted sunscreen sempat viral di media sosial lantaran dinilai dapat menjawab kebutuhan akan produk skincare yang dapat meratakan warna kulit. 

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Kesalahan Memakai Sunscreen Berikut

Seperti kita ketahui, pemakaian sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Berikut penjelasan mengenai tinted sunscreen. 

Apa itu tinted sunscreen

Ilustrasi memakai tinted sunscreenFreepik /Valuavitaly Ilustrasi memakai tinted sunscreen

Tinted sunscreen adalah sunscreen yang berbahan dasar mineral yang formulanya dilengkapi dengan tambahan warna sesuai dengan pigmen kulit, dilansir dari Harvard Health.

Jadi, tinted sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV sekaligus membantu meratakan warna kulit. 

Seperti diketahui, sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB dari matahari, yang merupakan gelombang panjang yang dapat menembus permukaan kulit. 

Efek berbahaya sinar UV pada kulit telah banyak diketahui. UVA berdampak pada penuaan kulit dini, dan UVB dapat menyebabkan kanker kulit. 

Baca juga: Apa Beda Sunscreen dan Sunblock? Jangan Keliru

Komponen dalam tinted sunscreen 

Ilustrasi tinted sunscreenShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi tinted sunscreen

Komponen tinted sunscreen menggabungkan filter UV mineral spektrum luas (broad spectrum) seperti zinc oxide dan titanium dioxide, dengan pigmen tambahan. 

Pigmen tambahan ini, dapat menciptakan warna kulit yang terlihat serta dapat memantulkan cahaya yang tampak (visible light). 

Untuk diketahui, partikel dalam sunscreen biasa (bukan tinted sunscreen), memiliki ukuran nano guna mengurangi tampilan whitecast pada wajah.

Oleh sebab itu, sunscreen biasanya tidak terlihat pada permukaan kulit sehingga tidak bisa menghalau cahaya yang tampak. 

Sementara, untuk menghalangi cahaya yang tampak, sunscreen harus terlihat pada permukaan kulit. Itulah mengapa sunscreen biasa (bukan tinted sunscreen), tidak bisa menghalangi cahaya yang tampak. 

Sementara, tinted sunscreen memiliki pigmen tambahan yang berfungsi untuk menghalangi cahaya yang tempak. 

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Jangan Lupa Tetap Pakai Sunscreen

Adapun, basis warna dari tinted sunscreen dibuat dengan mencampurkan sejumlah iron oxides hitam, merah, dan kuning dengan pigmen titanium dioksida. 

Campuran komponen itu, menghasilkan tinted sunscreen yang dapat disesuaikan dengan beragam warna kulit. Saat ini, ada beragam produk tinted sunscreen yang bisa kamu jumpai di marketplace maupun toko kosmetik terdekat.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com