Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Koper yang Sesuai, Gabungan Fungsi dan Penampilan

Kompas.com - 11/05/2024, 18:26 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kebanyakan orang membeli koper berdasarkan ukuran saja. Kita baru menyadari perlunya memilih koper dengan baik saat mengalai masalah, misalnya roda yang seret, ritsleting yang terbuka, gembok kurang aman, handle yang rusak, hingga tampilan yang kurang menarik.

Ada pula yang membeli hanya karena harganya yang lebih murah, tapi melupakan kualitasnya. Padahal koper yang bagus bisa bertahan bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, jadi penting untuk memilih koper yang dapat memenuhi kebutuhan kita dengan baik.

Idealnya, koper harus meningkatkan pengalaman perjalanan kita, memuat semua yang kita perlukan tanpa menjadi terlalu berat atau sulit bermanuver. Dan tentu saja, koper harus cukup kokoh sehingga melindungi barang-barang kita, sekaligus bagus untuk menunjang penampilan selama pejalanan.

koleksi kapsul BOSS I Samsonite koleksi kapsul BOSS I Samsonite

Apa yang harus saya cari saat membeli koper?

Jenis koper yang kamu perlukan bergantung pada caramu bepergian. Ada banyak sekali warna dan gaya yang dapat dipilih, namun pertimbangkan juga hal-hal berikut:

Berat

Batas berat bagasi terdaftar berbeda-beda antar maskapai. Pastikan kopermu tidak terlalu berat sebelum berangkat, karena biaya kelebihan bagasi cukup mahal. 

Ingatlah bahwa semakin ringan koper saat kosong, semakin banyak barang yang bisa kamu bawa. Mengangkat dan manuvernya juga akan lebih mudah. 

Ukuran

Saat mencari koper yang lebih besar, pertimbangkan di mana kamu akan menyimpannya saat tidak digunakan, dan bagaimana ukurannya akan memengaruhi perjalanan. 

Jika kamu berencana bepergian ke bandara dengan mobil, seberapa mudahkah koper dimasukkan ke dalam bagasi? Akankah mudah untuk melewati kerumunan? Bagaimana dengan rak bagasi di bus bandara; bisakah kamu mengangkatnya?

Keamanan

Gembok sangat penting di mana pun kamu bepergian, namun gembok dengan fungsi TSA sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang bepergian.

Kunci ini menampilkan logo TSA merah dan memiliki kunci master universal. Hanya TSA yang memiliki salinan kunci ini, yang memungkinkan staf keamanan maskapai penerbangan membuka kopermu dan memeriksa isinya tanpa menyebabkan kerusakan. Jika mereka tidak dapat membuka kunci, mereka berhak membukanya dengan paksa untuk memeriksa isinya.

Handle atau pegangan

Koper dengan pegangan di bagian atas dan samping sangat praktis. Pegangan ekstra ini, selain pegangan penarik, membuat mengangkat koper menjadi lebih mudah.

Sebagian besar pegangan atas bersifat teleskopik dan dapat diperpanjang ke beberapa posisi untuk kenyamanan pengguna yang optimal, dan dapat ditekan saat tidak digunakan.

Roda

Kebanyakan koper memiliki empat roda, dan bisa digerakkan ke segala arah. Koper dengan dua roda cenderung memiliki roda yang sedikit lebih besar dan lebih mudah untuk ditarik ke atas dan melewati tepi jalan, tetapi koper roda empat lebih unggul karena keserbagunaannya.

Penyimpanan

Kantong internal dapat ditemukan di sebagian besar koper bersisi keras dan bersisi lunak, mulai dari saku kecil yang terintegrasi dan kompartemen berkantong lebih besar yang dapat memuat laptop, hingga tas cucian yang dapat dilepas, serta bagian pakaian yang membantu menjaga jas agar tidak kusut.

Kantong luar untuk menyimpan barang-barang yang mudah diakses biasanya hanya terdapat pada koper bersisi lembut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com