Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain Bikin Kita PD, Benarkah?

Kompas.com - 16/05/2024, 14:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada sebuah teori bernama teori perbandingan sosial. Teori ini menyebutkan, melakukan perbandingan terhadap sesama manusia adalah hal yang wajar.

Akan tetapi, jika dikaitkan dengan rasa percaya diri, rupanya membandingkan diri dengan orang lain bisa berdampak pada kepercayaan diri seseorang.

Di tengah gempuran media sosial, orang berbondong-bondong mengunggah pengalaman terbaik mereka untuk dilihat oleh orang lain.

Namun, tidak dapat dipungkiri akan ada sebagian orang yang merasa iri dengan unggahan tersebut karena membandingkannya dengan pengalaman yang ia rasakan.

Membandingkan diri dengan orang lain juga bisa terjadi dalam lingkup pekerjaan, misalnya membandingkan gajimu dengan rekan kerjamu.

Disadur dari Verywell Mind, Kamis (16/5/2024), berhenti membandingkan diri dengan orang lain dapat membuat seseorang lebih percaya diri.

Baca juga: Kenapa Kita Harus Berhenti Membandingkan Diri?

Melakukan perbandingan memang hal yang wajar. Namun, itu tidak membantumu meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan, hal tersebut mungkin memiliki efek sebaliknya.

Padahal, memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat membantumu menjadi lebih sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional.

“Media sosial sangat jahat dalam hal ini,” tutur Hannah Owens selaku Licensed Master Social Worker (LMSW).

“Ini adalah sistem yang secara praktis didesain untuk menumbuhkan perbandingan. Namun, ingat bahwa orang-orang pada umumnya hanya mengunggah pengalaman terbaik, sedangkan pengalaman terburuk mereka dapat membantumu merayakan kemenangan harianmu, yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu,” imbuh dia.

Ada sebuah studi yang dipublikasi pada tahun 2018 dalam Personality and Individual Differences. Studi menemukan, ada hubungan langsung antara kecemburuan dan perasaan seseorang terhadap diri sendiri.

Secara khusus, peneliti mencatat, saat seseorang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, mreka merasa iri. Semakin mereka iri, semakin buruk perasaan mereka terhadap diri sendiri.

Lantas, bagaimana cara membangun kepercayaan diri saat kamu menyadari bahwa kamu sedang membuat perbandingan?

Pertama, ingatkan diri sendiri bahwa apa membandingkan diri tidak membantu. Sebab, setiap orang menjalani perlombaan masing-masing dan hidup bukanlah sebuah kompetisi.

Jika kamu merasa iri dengan kehidupan orang lain, ingatlah kekuatan dan kesuksesan sendiri. Buatlah jurnal sara bersyukur untuk mengingat dengan lebih baik titik-titik di kehidupanmu yang diberkati.

Cara tersebut dapat membantumu fokus pada kehidupan sendiri dibandingkan dengan berfokus pada kehidupan orang lain.

Baca juga: Kenapa Kita Sering Membandingkan Diri Dengan Orang Lain di Medsos?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com