Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri, Termasuk Bergaul dengan Orang Positif

Kompas.com - 16/05/2024, 11:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagian besar orang tentunya ingin menjadi lebih percaya diri. Percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian sendiri menjadi sesuatu yang didambakan.

Menurut American Psychological Association, kepercayaan diri adalah keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa ia mampu memenuhi tuntutan suatu tugas dengan sukses.

Hal tersebut dapat mengacu pada rasa percaya diri secara umum terhadap kemampuan untuk mengendalikan hidup, atau mungkin yang lebih spesifik pada situasi tertentu.

Sebagai contoh, mungkin kamu memiliki rasa percaya tinggi yang tinggi pada bidang keahlian tertentu. Namun, kamu merasa kurang percaya diri pada bidang keahlian lainnya.

Penelitian menunjukkan, kepercayaan diri penting bagi kesehatan dan kesejahteraan psikologis. Akan tetapi, memupuk dan menjaga rasa percaya diri tidaklah mudah. Bahkan, hal tersebut mudah hilang saat kamu merasa telah gagal atau melakukan kesalahan.

Inilah mengapa selalu membangun rasa percaya diri sangatlah penting, bahkan harus dipertahankan.

“Keraguan yang muncul karena meragukan diri sendiri memiliki dampak internal dan eksternal,” kata Hannah Owens selaku Licensed Master Social Worker (LMSW), dikutip dari Verywell Mind, Kamis (16/5/2024).

“Kepercayaan diri tidak hanya memengaruhimu dan perasaanmu terhadap diri sendiri, tetapi juga menyampaikan kepada orang lain bahwa kamu dapat dipercaya dan mampu. Ini dapat membantumu, baik secara sosial maupun di tempat kerja,” lanjut dia.

Baca juga: Punya Kebiasaan Ini? Mungkin Kamu Kurang Percaya Diri

Cara menjadi lebih percaya diri

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat membantumu menjadi lebih sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Penelitian telah menemukan, orang yang lebih percaya diri cenderung memperoleh prestasi akademis yang lebih baik. Bahkan, tingkat kepercayaan dirimu memengaruhi caramu menampilkan diri di hadapan orang lain.

Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Entah kamu kurang percaya diri dalam satu bidang tertentu atau sulit merasa percaya diri tentang apapun, berikut sembilan tips untuk membantumu menjadi lebih percaya diri:

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Apakah kamu membandingkan penampilanmu dengan orang-orang yang kamu ikuti di media sosial Instagram? Atau, mungkin kamu membandingkan gajimu dengan penghasilan temanmu?

Teori perbandingan sosial menjelaskan, melakukan perbandingan adalah hal yang wajar. Namun, itu tidak membantumu meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan, hal tersebut mungkin memiliki efek sebaliknya.

Ada sebuah studi yang dipublikasi pada tahun 2018 dalam Personality and Individual Differences. Studi menemukan, ada hubungan langsung antara kecemburuan dan perasaan seseorang terhadap diri sendiri.

Secara khusus, peneliti mencatat, saat seseorang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, mereka merasa iri. Semakin mereka iri, semakin buruk perasaan mereka terhadap diri sendiri.

Lantas, bagaimana cara membangun kepercayaan diri saat kamu menyadari bahwa kamu sedang membuat perbandingan?

Pertama, ingatkan diri sendiri bahwa apa yang dilakukan tidak membantu. Sebab, setiap orang menjalani perlombaan masing-masing dan hidup bukanlah sebuah kompetisi.

Jika kamu merasa iri dengan kehidupan orang lain, ingatlah kekuatan dan kesuksesan sendiri. Buatlah jurnal sara bersyukur untuk mengingat dengan lebih baik titik-titik di kehidupanmu yang diberkati.

Cara tersebut dapat membantumu fokus pada kehidupan sendiri dibandingkan dengan berfokus pada kehidupan orang lain.

“Media sosial sangat jahat dalam hal ini,” tutur Owens.

“Ini adalah sistem yang secara praktis didesain untuk menumbuhkan perbandingan. Namun, mengingat bahwa orang-orang pada umumnya hanya mengunggah pengalaman terbaik, dan pengalaman terburuk mereka dapat membantumu merayakan kemenangan harianmu, yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu,” imbuh dia.

Baca juga: 10 Kesalahan Saat Berjalan, Bikin Terlihat Tidak Percaya Diri

2. Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Luangkan waktu sejenak dan pikirkan tentang teman-temanmu terhadap perasaanmu. Apakah mereka mengangkatmu, atau justru menjatuhkanmu? Apakah mereka terus menghakimimu, atau menerimamu apa adanya?

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersamamu dapat memengaruhi pemikiran dan sikapmu terhadap diri sendiri. Bahkan, mungkin lebih dari yang kamu sadari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com