Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 350 Tanaman Lokal yang Dimanfaatkan Jadi Bahan Baku Kosmetik Natural

Kompas.com - 30/05/2024, 13:27 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan, potensi bahan-bahan natural yang ada di Indonesia sebetulnya sangat besar untuk dimanfaatkan bagi industri kosmetik.

Saat ini, lanjut dia, Indonesia baru memanfaatkan 350 jenis tanaman sebagai bahan baku kosmetik natural.

Padahal, negara kita memiliki sedikitnya 30.000 jenis tanaman berkhasiat yang potensial untuk diolah sebagai kosmetik.

"Baru 350 jenis yang sudah dimanfaatkan oleh industri dan peluang ini kita punya hampir 30.000 jenis tanaman berkhasiat yang bisa kita olah," kata Agus dalam pembukaan ajang Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo 2024 di Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Agus menambahkan, saat ini tren industri kosmetik tengah marak menggunakan bahan yang memadukan zat bahan alami atau organic based cosmetic, seperti minyak atsiri dan rumput laut.

Oleh karena itu, ia mendorong industri dalam negeri untuk berinovasi mengembangkan produk kosmetik berkualitas dan ekonomis sebagai salah satu solusi persoalan ketersediaan bahan baku lokal yang masih menjadi pekerjaan rumah sektor bisnis kosmetika di Tanah Air.

"Kita sudah ada beberapa langkah untuk bisa menyelesaikan agar bahan baku obat dan juga sekarang ingredient (bahan baku) industri kosmetik bisa kita dapatkan dalam negeri," ucap politisi Partai Golkar itu.

Adapun pemanfaatan bahan kosmetik natural menurutnya selaras dengan tren pendapatan penjualan kosmetik natural global yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 6,85 persen hingga tahun 2028.

Baca juga:

Sedangkan pendapatan nasional dari industri kosmetik natural diproyeksikan juga akan bertumbuh sampai 6 persen hingga tahun 2028. 

"Karena kita percaya, semua percaya bahwa kita punya kekuatan yang luar biasa dari alam kita," ujarnya.

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com