Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Ketertarikan Seksual yang Memudar pada Pasangan

Kompas.com - 08/06/2024, 13:13 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber BestLife

KOMPAS.com - Hubungan cinta yang baru dimulai biasanya lebih bergairah, di mana pasangan terus-menerus mencari kesempatan untuk saling menyentuh, melakukan kontak mata yang intens, atau berdekatan satu sama lain.

Hal ini karena ketika pasangan pertama kali memulai suatu hubungan, ketertarikan fisik dan hasrat seksual jauh lebih kuat —sebagian karena masih banyak hal yang perlu diketahui tentang satu sama lain. 

Namun penelitian menunjukkan bahwa otak kita mendambakan hal baru. Karenanya tidak dapat dihindari bahwa seseorang akan merasa kurang tertarik secara fisik kepada pasangan seiring berjalannya waktu. 

Ketertarikan seksual biasanya menjadi kurang intens setelah beberapa bulan atau tahun pertama menikah,” kata Suzannah Weiss, pendidik seks bersertifikat, pelatih hubungan, dan seksolog di Biird. 

"Alasan mengapa ketertarikan seksual memudar adalah karena kita kehilangan kegembiraan dan rasa ingin tahu seperti sebelumnya. Kita juga mungkin mulai menganggap biasa satu sama lain dan melihat sisi tidak seksi dari pasangan."

Baca juga: 5 Tanda Kamu Tidak Lagi Tertarik Secara Seksual dengan Pasangan

Akibatnya, lambat laun frekuensi bercinta pun berkurang. Pada beberapa pasangan, mereka bahkan tidak lagi tertarik secara seksual satu sama lain, walau masih tetap saling mencintai.

Hubungan tanpa ketertarikan seksual mungkin mulai terasa seperti situasi persahabatan atau teman sekamar. Meskipun hubungan seperti itu masih memiliki nilai, hal itu mungkin tidak terasa memuaskan bagi kedua pasangan.

Jika ini terjadi padamu, para ahli menyarankan untuk melakukan percakapan jujur ??tentang perasaanmu tanpa menyalahkan atau menuduh.

Cobalah untuk berdiskusi denhan pasangan dari sudut pandang positif daripada sudut pandang negatif —misalnya, dengan menceritakan apa yang meningkatkan hasrat seksualmu terhadap pasangan daripada memberi tahu dia apa yang membuatmu kehilangan gairah.

Jika kamu benar-benar kesulitan menemukan cara untuk meningkatkan ketertarikan seksual, atau jika kurangnya ketertarikan menyebabkan banyak konflik antara kamu dan pasangan, kamu mungkin perlu menemui terapis hubungan. 

Terapis pasangan atau terapis seks dapat membantu mengidentifikasi akar penyebab penurunan ketertarikan seksual dan bahkan menawarkan aktivitas atau latihan yang dapat dicoba untuk menghidupkan kembali hasrat tersebut.

Baca juga: Gairah Seksual Pria Hilang? Ini 4 Cara Mengembalikannya

Ilustrasi pasangan bahagia. interstid Ilustrasi pasangan bahagia.

Cara menemukan kembali gairah seksual

Berikut adalah beberapa tips yang disetujui para ahli untuk menemukan kembali gairah seksual.

Cobalah sesuatu yang baru bersama. 

Jika kalian biasanya pergi makan malam bersama, pertimbangkan untuk bermain bowling atau golf mini. Jika kamu cenderung membuat makanan yang sama dari minggu ke minggu, cobalah mengikuti kelas memasak bersama. 

Berpartisipasi dalam aktivitas baru bersama —bahkan di luar kamar tidur— dapat mengembalikan hal baru dan kegembiraan ke dalam hubungan, kata Kate Balestrieri, seorang psikolog dan terapis seks sekaligus pendiri Modern Intimacy.

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengubah lingkungan dapat berdampak besar. Jadi mengapa tidak merencanakan liburan ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi? Perubahan suasana dan jadwal dapat membantu menemukan hal-hal baru tentang satu sama lain sekaligus mendorong kalian untuk lebih hadir satu sama lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com