Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2024, 15:15 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com  - Tren penggunaan skincare semakin berkembang luas dari waktu ke waktu. Bahkan tak cuma orang dewasa saja, anak-anak yang masih relatif muda pun mulai banyak yang menggunakan skincare.

Para remaja ini bahkan sudah menggandrungi pemakaian rangkaian skincare yang kompleks dengan variasi produk yang banyak.

Fenomena serupa juga seringkali ditemukan oleh dr. Kardiana Dewi SpDVE, FINSDV selaku dokter kulit. 

Jadi, kapan sebaiknya anak mulai menggunakan skincare?

Baca juga: Kulit Kamu Sensitif dan Berjerawat? Hindari Bahan Skincare Ini

Kapan anak perlu mulai pakai skincare?

Menanggapi hal tersebut, ia menjelaskan bahwa waktu yang tepat untuk mulai memakai skincare bukanlah sedini mungkin, melainkan ketika wajah anak sudah muncul berbagai permasalahan kulit.

“Sebenarnya waktu yang tepat untuk mulai memakai skincare itu ketika kulit wajahnya mulai bermasalah,” kata dr. Kardiana kepada Kompas.com, saat ditemui di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Oleh sebab itu, menurutnya tidak ada batasan usia pasti kapan seseorang bisa mulai memakai skincare di rutinitas hariannya. 

“Waktu setiap orang mengalami permasalahan kulit itu kan beda-beda, ya. Jadi disesuaikan saja, kalau semisal umur 11 tahun sudah menstruasi dan muncul permasalahan kulit juga, maka boleh mulai pakai skincare,” tuturnya. 

Baca juga: Perlunya Konsultasi Sebelum Membeli Produk Skincare

Bahkan ia menyarankan apabila kondisi kulit wajah anak masih sehat dan tidak muncul masalah, maka tak perlu memakai produk skincare yang berlebihan.

Paling, anak-anak hanya perlu menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. 

Selain itu, dr. Kardiana mengungkapkan bahwa tak masalah jika sesekali anak lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen pada wajah. 

“Namun kalau mau pergi ke outdoor dan takut sunburn, pakai aja sunscreen ketika sebelum keluar,” jelas dr. Kardiana Dewi.

Menurutnya, tren-tren edukasi skincare sangat baik dan boleh saja diikuti, akan tetapi jangan sampai berlebihan. 

Baca juga: Perawatan Jerawat di Klinik, Apakah Sakit?

Lebih lanjut, ia menyarankan anak-anak remaja yang hendak memakai skincare sebaiknya menggunakan rangkaian yang mendasar, seperti mencuci muka dan menggunakan sunscreen

“Ketika masih muda mau menggunakan skincare itu pakai yang basic aja, seperti cuci muka sehari satu sampai dua kali."

"Kalau mau keluar beraktivitas pakai sunscreen aja. Bahkan moisturizer juga enggak perlu-perlu banget sebetulnya,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com