Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Gadget Mudah Bikin Penggunanya Kecanduan

Kompas.com - 20/06/2024, 07:37 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Health.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragama penyebab kecanduan gadget yang perlu dipahami. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk orang dewasa.

Namun, pada umumnya kecanduan gadget lebih banyak terjadi di kalangan anak-anak dan remaja.

Pasalnya, saat ini sudah banyak kegiatan sehari-hari dan sekolah seringkali mengharuskan mereka menggunakan ponsel.

Baca juga: Orangtua, Ini 5 Cara Ampuh Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Misalnya saja, koordinasi dengan guru terkait jadwal pelajaran, diskusi dengan teman-teman terkait tugas kelompok, atau mencari referensi di dunia maya untuk penulisan ilmiah.

Namun, penggunaan gadget yang dilakukan secara berlebihan oleh sebagian anak, ditambah tidak adanya kontrol dari orangtua dapat membuat anak-anak dan remaja kecanduan gadget.

Dikutip dari Health.com, Rabu (19/6/2024), ada sejumlah penyebab gadget mudah membuat penggunanya kecanduan. Apa saja?

Penyebab gadget mudah bikin kecanduan

1. Desain aplikasi

Hampir setiap aplikasi di ponsel telah dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respons terkait manipulasi zat kimia pada otak untuk menimbulkan perilaku adiktif.

Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin memiliki fitur yang mencakup scrolling atau streaming tanpa henti dan paparan terhadap hal yang disukai melalui laman media sosial.

Penggunaan media sosial kemudian menciptakan perbandingan atau penghargaan sosial dengan melibatkan atau mengharapkan umpan balik sosial yang positif dan terlibat dalam interaksi yang cepat dengan pengguna lainnya di aplikasi tersebut.

Baca juga: 5 Ciri Anak Kecanduan Gadget, Salah Satunya Sakit Kepala

2. Menguntungkan

Para psikolog memiliki istilah untuk perasaan yang tidak dapat diprediksi dan antisipasi tiba-tiba setiap kali kamu mengambil ponsel, yaitu intermittent reward.

Gadget ibarat mesin slot yang mendorong perilaku adiktif dengan memanfaatkan perasaan menyenangkan yang dapat terjadi kapan saja.

Catherine Price selaku penulis buku “How To Break Up With Your Phone” mengatakan, gadget pada dasarnya seperti mesin slot yang disimpan oleh manusia di saku masing-masing dan mudah untuk diakses.

3. Media sosial menjual perhatian

Ilustrasi media sosial.FREEPIK/PIKISUPERSTAR Ilustrasi media sosial.

Media sosial memang menyenangkan. Namun, ingatlah bahwa aplikasi-aplikasi tersebut lebih dari sekadar membagikan foto selfie.

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa semua aplikasi media sosial gratis? Price menjelaskan, ini karena pengguna media sosial sebetulnya bukanlah pelangannya dan media sosial itu sendiri bukanlah produk yang "ditawarkan".

“Sebaliknya, pelanggannya adalah pengiklan dan produk yang dijual adalah perhatian kita. Ini sangatlah penting karena perhatian kita adalah hal paling berharga yang kita miliki,” jelas Price.

Baca juga: 7 Tips Parenting untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget

Ketika seseorang memutuskan apa yang harus diperhatikan saat itu juga, mereka cenderung membuat keputusan yang lebih luas tentang bagaimana mereka ingin menghabiskan hidupnya.

@kompas.lifestyle Apakah kamu salah satu orang yang biasa menghabiskan waktu 6 jam atau lebih untuk duduk atau berbaring saja? Mungkin sekarang kamu perlu segera mengubah kebiasaanmu ya! Demi hidup lebih sehat!!???????????? #lifestyle #sedentarylifestyle #sedentary #mager ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com