Salin Artikel

3 Cara Melangsingkan Badan Tanpa Mengundang Penyakit

KOMPAS.com - Sudah berapa cara melangsingkan badan yang kamu jalani? Apakah cara yang kamu lakukan benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan? 

Saat ini, ada banyak metode yang digadang-gadang ampuh untuk menurunkan berat badan, mulai dari mengonsumsi suplemen hingga menahan rasa lapar dalam jangka waktu tertentu.

Meski demikian, sebagian besar dari cara tersebut tidak didukung oleh bukti medis sehingga tidak jarang hanya sekedar membuat kita kelaparan.

Pertama-tama, perlu diingat bahwa prinsip menurunkan berat badan yang utama adalah menjaga asupan kalori. Jumlah kalori yang masuk dari makanan dan minuman harus lebih sedikit dibanding total kalori yang kita bakar.

Meski demikian, apapun cara melangsingkan badan yang kamu pilih, pastikan tidak memangkas terlalu banyak kalori yang masuk sekaligus.

Hal ini hanya akan membuat kamu langsing karena kurang gizi serta merusak metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Berat badan harus turun secara bertahap. Idealnya, berat badan hanya turun maksimal 1 kg per minggu dengan catatan kamu juga tidak mengonsumsi obat pelangsing yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat.

Menurut Akademi Nutrisi dan Diet Amerika Serikat, penurunan badan yang terlalu drastis membuat kita kehilangan massa otot, tulang, dan air di dalam tubuh, bukan lemak.

Penurunan berat badan yang terlalu drastis juga akan membuat berat badan kembali naik dengan drastis juga.

Setelah memahami aturan di atas, berikut cara melangsingkan badan secara alami yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Hindari konsumsi gula dan makanan yang mengandung tepung

Kita pun tidak akan membebani tubuh untuk membakar kalori lebih banyak agar menjadi langsing.

Fungsi lain dari menghindari kedua zat ini adalah demi menurunkan level insulin. Kelebihan insulin dapat membuat ginjal rajin membuang sodium dan air ke tubuh sehingga kit terlihat gemuk karena kebanyakan air.

Konsumsi protein

Tetapi, jangan lupa juga untuk tetap menyertakan protein di dalam menu makanan sehari-hari sebanyak 20-50 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Protein bisa didapat dari daging hewan, ikan dan makanan laut lainnya (salmon, udang, kerang, dan lain-lain), serta telur utuh.

Konsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar 80-100 kalori lebih banyak dari biasanya.

Banyak makan protein juga disebut sebagai cara melangsingkan badan yang efektif karena dapat mengurangi nafsu makan hingga 60 persen.

Selain itu, konsumsi protein dapat mengurangi keinginan ngemil di malam hari karena membuat kenyang lebih lama sehingga kita akan memangkas kebutuhan kalori hingga 441 kalori per hari.

Sementara itu, meski kita secara umum ingin mengurangi lemak, tetap sertakan makanan yang mengandung lemak baik dalam menu. Sumber lemak baik antara lain minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain.

Berolahraga tiga kali dalam seminggu

Dengan olahraga ini, tubuh akan membakar lebih banyak kalori sekaligus mencegah metabolisme tubuh melambat, sebagaimana dampak yang biasa terjadi pada orang yang baru saja mengalami penurunan berat badan.

Angkat berat memang biasanya harus dilakukan di pusat kebugaran, bahkan dengan bantuan trainer jika kita tidak familiar dengan olahraga ini. Namun sebenarnya kita bisa melakukannya dengan beban tubuh sendiri, seperti push up, plank, lunge, atau squat.

Lalu jangan lupa jenis latihan lain, seperti kardio yang terdiri dari berjalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

Terdapat tips lain sebagai cara melangsingkan badan dari segi psikologis, misalnya gunakan piring kecil ketika makan sebagai langkah mengurangi porsi makan.

Kita juga sebaiknya tidak terburu-buru menghabiskan makanan karena butuh waktu 20 menit bagi perut mengirim sinyal ke otak bahwa mereka telah kenyang.

Selamat mencoba...

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/24/162658620/3-cara-melangsingkan-badan-tanpa-mengundang-penyakit

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.