Salin Artikel

10 Tanaman Hias dalam Ruangan yang Berbahaya bagi Anjing

KOMPAS.com - House plant atau tanaman hias dalam ruangan memang memiliki bentuk indah yang dapat mempercantik rumah kita.

Namun sayangnya, beberapa house plant rupanya berbahaya bagi mereka yang memelihara hewan peliharaan, terutama anjing. Bahkan jika tertelan, ada beberapa tanaman yang dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, sebelum membeli house plant, ada baiknya kita mengetahui tanaman apa saja yang dapat membahayakan nyawa anjing kita, seperti 10 tanaman berikut ini.

Lily

Misalnya saja, Mauna Loa atau Peace Lily yang beracun bagi kucing dan anjing atau Stargazer dan Easter Lily yang beracun bagi kucing.

Ngerinya, Stargazer dan Easter Lily bisa berakibat fatal bagi kucing kita jika tak segera diobati. Pasalnya, dua bunga ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan nafsu makan kucing.

Sementara itu, Peace Lily dapat menyebabkan anjing atau kucing muntah-muntah dan mengalami kesulitan menelan karena iritasi bibir dan lidah.

Lidah buaya (Aloe vera)

Daunnya memiliki sejenis gel yang berbahaya bagi hewan peliharaan kita jika tertelan. Selain itu, bagian lainnya dapat mengganggu sistem pencernaan anjing.

Ivy (Hedera Helix)

Seekor anjing dapat mengalami ruam dan/atau masalah pernapasan jika menelannya. Bahkan lebih buruknya lagi, Ivy juga dapat menyebabkan koma atau kelumpuhan.

Jade (Crassula Ovata)

Tak ada yang tahu racun macam apa yang ada di dalam tanaman ini, namun, menelannya dapat mengakibatkan muntah-muntah, inkoordinasi (ataksia), detak jantung yang lambat (bradikardia) dan/atau depresi.

Dumb Cane/Daun bahagia (Dieffenbachia)

Racun berbahaya di dalamnya dapat menyebabkan sensasi terbakar dan pembengkakkan di lidah dan mulut, serta membuat hewan peliharaan mengalami kesulitan menelan, muntah-muntah, dan meningkatnya produksi saliva.

Bahkan dalam beberapa kasus, tanaman ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan kematian.

Elephant ear (Caladium)

Nah, zat kimia yang terkandung di dalamnya rupanya mirip dengan kandungan dalam Dieffenbachia, sehingga reaksinya pun hampir sama.

Artinya, hewan peliharaan kita mungkin mengalami gangguan mulut, peningkatan produksi saliva, mengeluarkan air liur, muntah-muntah, dan kesulitan menelan.

Pothos/Devil’s Ivy (Epipremnum Aureum)

Tak hanya itu, hewan peliharaan kita juga bisa mengalami muntah-muntah, peningkatan produksi saliva, dan kesulitan dalam menelan makanan. Tanaman ini juga merupakan kerabat dari Philodendron dan dapat mengakibatkan gejala serupa.

Sago Palm (Cycas Revoluta)

Mulai dari akar, daun, hingga biji, seluruhnya beracun dan dapat menyebabkan diare, muntah-muntah, dan gagal hati.

ZZ Plant (Zamioculcas)

Asparagus Fern

Di dalamnya, ada kandungan racun bernama Sapogenin, dan jika tertelan, dapat mengakibatkan diare, muntah-muntah, sakit perut, dan radang kulit.

Sowbread (Cyclamen)

Pasalnya, tanaman ini dapat menyebabkan peningkatan air liur, diare, muntah, dan detak jantung tidak normal dan kejang. Bahkan, bisa berakibat fatal pada kasus yang parah.

Jadi, jika ingin mendekorasi rumah dengan tanaman, Weddington Animal Hospital merekomendasikan beberapa tanaman yang aman bagi hewan peliharaan, seperti Hens and Chicks, Burro’s Tail, Blue Echeveria, Ponytail Palm, dan Bamboo.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/25/060600220/10-tanaman-hias-dalam-ruangan-yang-berbahaya-bagi-anjing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.