Salin Artikel

Makan Lebih Banyak Protein Saat Diet, Bantu Jaga Massa Otot

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Obesity, para peneliti dari Rutgers University dan Drexel University menemukan, makan lebih banyak protein dapat membantu mempertahankan massa otot.

Selain itu, kebiasaan ini pun bakal membantu menjaga pola makan yang lebih sehat.

Dalam melakukan riset tersebut, para ilmuwan melihat data dari 207 peserta dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang berpartisipasi dalam uji klinis di Rutgers.

Para peserta memiliki tujuan yang sama, yakni menurunkan berat badan dengan makan dalam defisit energi sekitar 500 kalori sehari lebih sedikit, daripada yang mereka bakar selama aktivitas sehari-hari.

Kemudian, para peneliti pun menemukan, sedikit peningkatan protein — sekitar 18 persen dari total kalori menjadi 20 persen — dikaitkan dengan kebiasaan makan yang lebih sehat secara signifikan dan lebih banyak massa otot tanpa lemak di antara peserta.

Orang yang makan lebih banyak protein juga kehilangan jumlah berat yang sama seperti rekan-rekan mereka (sekitar 5 persen dari berat badan selama enam bulan), tetapi mereka lebih mungkin untuk mempertahankan massa otot selama diet.

Mengonsumsi makanan yang lebih sehat

Orang yang berdiet tinggi protein juga cenderung lebih banyak memasukkan makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau dan mengonsumsi lebih sedikit gula dibandingkan dengan peserta berprotein rendah.

Tidak jelas persis bagaimana makan lebih banyak protein menyebabkan pilihan yang lebih baik dalam kelompok makanan lain, tapi mengonsumsi lebih banyak makanan utuh telah memainkan peran yang penting dalam diet.

Ada pun sumber protein yang paling umum ditemukan dalam diet sehat ini adalah unggas, daging merah, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Secara total, peserta dengan protein lebih tinggi makan sekitar 79 gram protein sehari, yang merupakan jumlah sedang menurut sebagian besar rekomendasi.

Di samping itu, ahli diet juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi protein mulai dari 0,36 - 7 gram per kg berat badan, setiap harinya dan satu gram per kg berat badan setiap hari untuk atlet dan orang yang aktif berolahraga.

Misalnya, seorang wanita dewasa yang berolahraga selama 2-3 jam seminggu dengan berat 58 kg harus makan antara 70 sampai 118 gram protein sehari.

Kendati demikian, para ahli juga tidak menganjurkan orang-orang untuk mengonsumsi protein secara berlebihan, khususnya bagi yang memiliki masalah pencernaan atau masalah pada ginjal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/02/150000420/makan-lebih-banyak-protein-saat-diet-bantu-jaga-massa-otot

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.