Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menolak Tanpa Perlu Penjelasan Berlebih

Karena selain bisa membunuh rasa percaya diri, kebiasaan ini juga bisa menambah kecemasan pada seseorang saat sedang mencoba untuk melakukan penolakan.

Untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, seorang psikolog dan penulis buku, Nicole LePera baru-baru ini memaparkan mengenai penyebab mengapa kita bisa memiliki kebiasaan over explain, dan cara cerdas menolak tanpa perlu banyak penjelasan.

Penyebab kita menjadi over explainer

Menurut LePera, over explain adalah sebuah respons kebiasaan di mana kita berusaha untuk membebaskan diri kita dari rasa bersalah atau kecemasan dengan memberikan jawaban yang 'benar' kepada seseorang.

"Akar dari over explain berasal dari pola memuji atau menyenangkan orang lain," katanya seperti dikutip dari laman Inc.

"Banyak dari kita yang percaya bahwa untuk mengatakan 'tidak' atau menolak untuk melakukan sesuatu, kita harus memberikan alasan yang tidak akan mengecewakan atau membuat orang lain kesal," terang dia.

Ketika menjelaskan secara berlebihan atau over explain, kita mungkin menyadari bahwa kita merasa seperti berada di luar kendali dan tidak bisa berhenti berbicara.

"Ini karena sistem saraf dan pesan yang diterima bahwa mengatakan tidak adalah sebuah ancaman atau bahaya," jelas LePera.

Namun, kenyataannya, kebanyakan orang dewasa mampu mendengar kata tidak.

Skenario terbaiknya, mereka tidak berpikir dua kali untuk melakukannya. Dan skenario terburuknya, mereka kecewa untuk waktu yang singkat, kemudian mereka melupakannya.

Yang lebih penting lagi, mengatakan 'tidak' dalam situasi tertentu adalah bagian penting dari pembelajaran untuk menghormati batas dan batasan kita sendiri.

Tentu saja, untuk beberapa hubungan atau situasi, kita perlu memberikan penjelasan.

Misalnya, sebagai pemilik bisnis, kita mungkin perlu memberikan penjelasan kepada klien atau mitra, setidaknya pada saat-saat tertentu, agar kita tidak mengambil risiko merusak hubungan dengan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa setiap kali kita mengatakan 'ya' untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kita inginkan, sebenarnya kita sedang mengatakan tidak pada hal-hal yang kita inginkan.

Itulah mengapa kita perlu belajar bagaimana mengatakan tidak dan melakukannya dengan cara yang tidak menambah stres atau kecemasan, baik itu untuk kita atau orang yang kita tolak, dengan memberikan penjelasan yang berlebihan.

Cara menolak tanpa banyak penjelasan

LePera mengatakan, untuk bisa menghentikan kebiasaan over explain, kita harus berlatih secara terus-menerus sampai sistem saraf kita beradaptasi dan jendela toleransi kita terhadap stres semakin lebar.

"Dengan latihan, kita akan belajar bahwa orang-orang sebenarnya lebih menghargai jawaban yang singkat dan padat," ungkap dia.

"Dan rasa percaya diri untuk mengatakan tidak sebenarnya menciptakan rasa hormat di antara orang-orang," ujar dia.

Untuk melakukannya, LaPera pun membagikan formula lima kata cerdas yakni, apresiasi + kata tidak + harapan baik.

Beberapa contoh yang bisa dipraktikkan antara lain:

• "Terima kasih banyak telah memikirkan saya (apresiasi). Saya sebenarnya tidak memiliki waktu dalam jadwal saya saat ini (tidak). Saya tahu ini akan menjadi acara yang luar biasa (ucapan selamat)."

• "Terima kasih telah membagikan apa yang sedang Anda lakukan (apresiasi). Saat ini saya tidak berada di pasar untuk [produk ini] (tidak). Saya berharap yang terbaik untuk Anda dengan ini (ucapan selamat)."

• "Saya senang bahwa Anda sangat antusias dengan hal ini (apresiasi). Saya tidak akan bisa melakukannya (jawaban tidak). Namun, beritahu saya bagaimana kelanjutannya; saya tahu Anda akan menerimanya (ucapan selamat).

Apabila kita adalah tipe orang yang over explain, LePera juga menyarankan untuk membuat kalimat yang padat, jelas, dan tidak bertele-tele.

"Berlatihlah membuat kalimat ini menjadi sangat singkat dan tidak memberikan alasan yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi (contoh: "Saya tidak punya waktu dalam jadwal saya saat ini")," terangnya.

"Jadi, lain kali jika kita tergoda untuk memberikan penjelasan yang berlebihan, ingatlah rumusnya apresiasi + tidak + harapan baik."

Dengan melakukan hal tersebut, kita akan terbebas dari beban untuk mempertahankan pilihan kita dan memberi kita kebebasan untuk benar-benar menikmatinya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/02/074230720/tips-menolak-tanpa-perlu-penjelasan-berlebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke