Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meski Mirip, Ketahui 5 Perbedaan Hoodie dan Sweater

KOMPAS.com - Hoodie dan sweater memang punya fungsi serupa yaitu sebagai outwear, sehingga ada beberapa orang yang menganggap keduanya sama. Namun demikian, ada sejumlah perbedaan antara hoodie dan sweater. 

Baik hoodie maupun sweater adalah salah satu fashion item yang nyaman dipakai. Ada beragam pilihan model hoodie dan sweater mulai dari klasik hingga kontemporer.

Agar tidak keliru, simak perbedaan hoodie dan sweater berikut ini, seperti dilansir Kompas.com dari The Manual dan Mens Fashion Magazine. 

Perbedaan paling mencolok antara hoodie dan sweater adalah tudung alias penutup kepala. Jika hoodie punya penutup kepala, maka sweater tidak memilikinya. 

Beberapa hoodie melengkapi penutup kepala dengan tali serut yang adjustable dengan ukuran kepala pemakainya. 

2. Desain 

Jika diperhatikan dengan seksama, desain hoodie dan sweater berbeda. Potongan hoodie dibuat lebih longgar, sementara sweater cenderung lebih fit dengan badan. 

Jadi, sweater bisa mempertegas siluet badan dari pemakainya. 

Meskipun sama-sama punya fungsi untuk menghangatkan tubuh, namun biasanya hoodie memiliki bahan yang lebih tebal dibandingkan sweater.

Adapun material yang biasa dipakai untuk hoodie dan sweater antara lain katun, wool, fleece, polyester dan jersey. 

4. Aksesoris 

Hoodie memiliki sejumlah aksesoris tambahan. Selain penutup kepala, hoodie pada umumnya dilengkapi dengan saku, kancing, resleting, dan tali serut yang adjustable.

Sementara itu, sweater jarang memiliki aksesoris tambahan tersebut. 

Hoodie pada umumnya dipakai untuk outwear, serta lebih terbatas buat mix and match. Sementara, sweater lebih mudah untuk dipadupadankan dengan fashion item lainnya.

Kamu bisa memadukan sweater dengan rok, celana jeans, maupun celana kulot. Sebagai atasan, sweater juga bisa dipakai sebagai inner maupun outer, serta dipadupadankan dengan jenis atasa lainnya seperti jaket, kaos, atau kemeja.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/04/05/204000420/meski-mirip-ketahui-5-perbedaan-hoodie-dan-sweater

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke