Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selulit Apa? Sudah Hilang Tuh!

Kompas.com - 31/03/2009, 12:41 WIB

Selulit, atau stretch mark? Apalah bedanya? Keduanya sama-sama tidak sedap dipandang. Anda jadi tidak pede lagi untuk mengenakan celana pendek, atau atasan tanpa lengan.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, ya, dua hal tersebut ada perbedaannya. Jika paha samping atau bokong, perut, payudara, atau pinggang belakang Anda menampakkan garis-garis putih seperti kulit jeruk, itulah yang disebut stretch mark. Biasanya garis-garis ini mulai muncul ketika Anda berdiet, sehingga terjadi penurunan berat badan secara drastis. Umum pula dialami wanita yang baru melahirkan. Sedangkan selulit baru nampak ketika Anda mengerutkan kulit, misalnya pada paha atau lengan. Timbunan lemak di bawah kulit menyebabkan permukaan kulit yang tidak rata, yang biasanya disebabkan kurangnya olahraga.

Menghilangkan stretch mark memang bukan pekerjaan gampang, karena membutuhkan waktu. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mengkombinasikan beberapa cara sekaligus.

Menghilangkan stretch mark sendiri:

1. Menggunakan Retin-A (Tretinoin) – 0.1%. Tretinoin cream bekerja dengan baik ketika diterapkan pada stretch mark yang baru muncul. Anda bisa menghubungi dokter untuk meminta resep. Namun sebaiknya Anda tidak menggunakan perawatan tretinoin bila sedang hamil atau menyusui, karena kandungan aktifnya mungkin akan meresap ke janin atau ASI.

2. Lakukan exfoliating pada bagian yang ber-stretch mark setiap hari dengan menggunakan loofah atau serabut penggosok badan. Tindakan ini akan membuang kulit mati dan mengurangi tampilan kulit jeruk tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa exfoliating tidak akan menghilangkan stretch mark, namun hanya mengaburkan penampilannya. Produk exfoliate yang alami umumnya terbuat dari baking soda, oatmeal, atau yoghurt. Pastikan Anda menggunakan lotion setelah menggosok stretch mark Anda, agar kulit tidak kering. Melakukan penggosokan saat mandi lebih baik, karena krim exfoliant dan lotion akan meresap sempurna.

3. Gunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid, yang fungsinya sama dengan kebanyakan exfoliant. Yaitu melenyapkan kulit yang mati dan mendorong pertumbuhan kulit yang baru. Kulit akan terasa lebih ringan, membuat kulit jeruk menjadi kurang terlihat.

4. Gunakan krim yang mengandung salicylic acid, yang umumnya digunakan untuk menghilangkan jerawat. Krim ini akan memecahkan protein di dalam kulit, membuang sel-sel kulit mati, dan mengurangi penampakan stretch mark.

5. Gunakan pelembab dan lotion khusus stretch mark pada malam hari pada bagian yang berkerut. Sama seperti krim malam, pelembab dan lotion yang dioleskan pada malam hari akan bekerja lebih baik karena Anda tidak beraktivitas. Untuk pelembab, cari yang diperkaya dengan vitamin A dan E, jenis vitamin yang memang membantu meregenerasi kulit. Untuk lotion, cobalah cocoa butter, yang disebut sebagai salah satu yang paling efektif menghilangkan stretch mark di bagian tubuh mana pun. Kandungan lain untuk anti-stretch mark antara lain shea butter, rose hip oil, emu oil, castor oil, atau jojoba oil, yang memiliki kemampuan menyembuhkan kulit. 

6. Tingkatkan sirkulasi darah dengan mandi air panas dan memijat bagian yang ber-stretch mark secara rutin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com