Kompas.com - 04/04/2017, 07:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Tak hanya memastikan perut kenyang sebelum beraktivitas, sarapan juga ternyata berperan menunjang proses belajar anak di sekolah. Mengapa?

“Sebab anak yang sarapan bergizi terbukti lebih aktif terlibat dalam diskusi di kelas, memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik, dan mendapat nilai pelajaran lebih bagus,” ujar ahli gizi William Sears, seperti dikutip livestrong.com, Jumat (12/6/2015).

Sementara menurut Kepala Pusat Gajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ahmad Syafiq, sarapan bernutrisi harus memenuhi paling tidak 10-30 persen kebutuhan gizi anak.

“Kebutuhan gizi anak antara lain (mencakup) protein, kalsium, zat besi, dan vitamin,” ucap Ahmad, seperti dilansir Kompas.com pada Kamis (8/12/2016).

Sarapan yang disantap buah hati memang memiliki satu syarat, yakni bernutrisi. Tenang, membuat menu sehat tak selalu ribet.

Ada banyak variasi menu sarapan sederhana yang tidak butuh waktu pengolahan terlalu lama—cukup kisaran 15 menit—tetapi tetap bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Menu praktis

Bagi orangtua super sibuk, menu sarapan sandwich dapat dicoba. Kunci pemenuhan kebutuhan nutrisi ada pada bahan-bahan roti isi ini.

Roti, misalnya, mengandung zat besi dan karbohidrat. Adapun telur menjadi sumber protein.

Kalsium bisa didapat dari tambahan keju pada sandwich. Sementara itu, vitamin C dapat ditemukan dalam potongan tomat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.