Kompas.com - 24/10/2017, 08:10 WIB
Ilustrasi aerobik LuckyBusinessIlustrasi aerobik
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa melakukan olahraga secara teratur adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi bagi mereka yang ingin serius mengurangi risiko penyakit jantung, ada dua jenis olahraga yang lebih bermanfaat dibanding yang lain.

Menurut sebuah penelitian baru dari HG SMS Hospital di India, latihan yoga dan aerobik sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung.

Baca juga : Tekuni Yoga, Dian Nitami Mengaku Jadi Jarang Sakit
 
Tim peneliti dalam hal ini meminta 750 pasien penyakit jantung untuk mengikuti tiga jenis latihan yang berbeda, diantaranya latihan aerobik, yoga, atau latihan aerobik dan yoga. Semua kelompok tersebut melakukannya dalam tiga sesi selama enam bulan latihan secara rutin.

Ilustrasi pose yoga vrischikasana fizkes Ilustrasi pose yoga vrischikasana
Pada akhir masa percobaan, mereka yang melakukan latihan aerobik maupun yoga menunjukkan penurunan tekanan darah, dan kolesterol. Namun, kelompok yang mencoba kedua latihan tersebut melihat peningkatan manfaat sebesar dua kali lipat.

Baca juga:Baca juga : Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung?

"Gabungan latihan yoga dan aerobik mengurangi tekanan mental, fisik dan vaskular. Selain itu, pasien penyakit jantung bisa mendapatkan keuntungan dari belajar yoga dan menjadikannya sebagai bagian yang rutin untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari," kata Dr Sonal Tanwar, seorang ilmuwan dalam kardiologi pencegahan, dan Dr Naresh Sen, seorang ahli jantung konsultan di HG SMS Hospital.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.