Jelang Menstruasi, Wanita Jadi Doyan Makan, Kenapa?

Kompas.com - 17/12/2017, 07:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Nafsu makanmu meningkat di hari-hari menjelang menstruasi? Tenang, kamu tidak sendiri. Ribuan Wanita di luar sana juga mengalami hal serupa.

Perubahan nafsu makan pada hari-hari menjelang menstruasi adalah keadaan yang normal, meski ternyata agak mengganggu.

Sementara, mengabaikan nafsu makan ini, tidak semudah meredakan gejala PMS lainnya.

"Mengidam makanan sering terjadi pada wanita yang mengalami PMS dan kehamilan, karena perubahan hormon," ujar Carolyn Dean, seorang pakar kesehatan wanita.

Carolyn Dean mengatakan, PMS menyebabkan hormon stres kortisol melonjak dan hormon serotonin (hormon yang memicu perasaan bahagia) turun.

Baca juga : Berdalih Solidaritas, Bar Beri Diskon untuk Perempuan yang Menstruasi

"Perubahan ini membuat tubuhmu menginginkan makanan manis dan berlemak."

"Hal ini karena makanan tersebut membantu meningkatkan kadar serotonin dan melawan produksi kortisol yang membuatmu merasa lebih baik dan lebih bahagia," kata dia.

Intinya, nafsu makan yang meningkat ini, menurut Carolyn Dean, dikaitkan dengan perubahan hormon yang mempengaruhi mood wanita.

Meskipun keinginan ini sulit diprediksi, menurut para ahli ilmiah di Clue- aplikasi yang membantu para wanita untuk berkonsultasi soal kesehatan wanita- memeriksa nafsu makan sepanjang siklus menstruasi dapat membantumu mengidentifikasi pola "ngidam" tertentu.

Saat kamu memasuki fase kedua dari siklusmu, mungkin kamu mulai mengiginkan makanan manis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X