Kompas.com - 08/01/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kesempatan wawancara dalam rekrutmen kerja adalah hal yang tak boleh disia-siakan. Semua hal harus dipersiapkan, tidak hanya penampilan tapi terutama adalah cara menjawab pertanyaan tak terduga.

Biasanya, ada satu pertanyaan 'sederhana' tapi jawabannya bisa menentukan apakah Anda dianggap layak untuk diterima atau tidak.  Salah satu pertanyaan yang bisa menjadi jebakan adalah "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?". Secara naluri Anda mungkin ingin mengatakan, "Karena saya hebat," namun bukan itu yang ingin didengar oleh pewawancara.

Inilah strategi yang bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan jebakan dalam sebuah wawancara kerja.

Tetap rendah hati

"Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini harus meliputi kombinasi antara antusiasme, kepercayaan diri dan kerendahan hati," kata pewawancara SiriusXM dan penyiar Ken Coleman.

Jika Anda melamar pekerjan yang menjadi passion Anda, maka jawablah dengan senyum lebar dan kata-kata yang menunjukan antusiasme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa mengatakan bahwa posisi tersebut merupakan pekerjaan impian serta katakan bahwa Anda memiliki bakat dan ingin memaksimalkannya dengan passion dan semangat bagi tim dan organisasi.

Bayangkan Anda pewawancara

Menurut konsultan karier Elana Konstant, pikirkan pertanyaan tersebut dari sudut pandang pekerja. Kira-kira pihak pewawancara ingin tahu mengapa Anda layak direkrut.

"Fokuskan pada apa yang mempengaruhi tantangan perusahaan-perusahaan, proyek yang akan datang, perubahan industri dan sebagainya," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.