Kompas.com - 15/01/2018, 05:15 WIB
Ilustrasi teh olgakrIlustrasi teh
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan manfaat teh untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. Apa saja jenis teh tersebut?

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak. Teh hijau mengandung antioksidan katekin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk memperpercepat pembakaran lemak.

Manfaat teh hijau ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2008 yang dimuat dalam jurnal Physiology of Behavior setelah mengamati 60 orang obesitas yang diminta berdiet. Sebagian dari mereka diminta rutin minum teh hijau selama 12 minggu.

Hasilnya, orang-orang yang rutin berdiet sembari minum teh hijau mengalami penurunan berat badan hingga 3,3 kilogram lebih banyak daripada yang hanya berdiet saja.

Penelitian lain dengan rentang waktu percobaan yang sama juga melaporkan hal serupa. Bahkan penelitian ini juga menemukan bahwa teh hijau ikut memangkas lebar lingkar pinggang secara dramatis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Berapa Banyak Teh Hijau yang Sebaiknya Dikonsumsi Per Hari?

2. Teh hitam

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap 111 orang menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan.

Selain itu, teh hitam juga bisa membantu mengurangi lingkar pinggang, dibandingkan dengan meminum minuman kontrol yang mengandung kafein juga.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.