Kompas.com - 15/01/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi nasi cokelat AmaritaIlustrasi nasi cokelat
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Versi "cokelat" dari pasta, beras, roti, hingga kentang, seringkali dianggap lebih baik karena lebih minim proses serta mengandung lebih banyak gizi, serat dan memiliki indeks glikemik (GI) rendah.

Lalu, benarkah beras cokelat lebih sehat dari beras putih? Inilah faktanya:

1. Nasi putih mengandung lebih sedikit gizi

Beras putih dibuat dari proses penyaringan yang menghilangkan kulit padi yang ada pada beras cokelat. Dalam proses ini, ada banyak serat yang hilang. Begitu juga dengan vitamin dan mineral.

Hasilnya, nasi cokelat memiliki kandungan serat dan magnesium empat kali lebih banyak dan manganese dua kali lebih banyak dibanding nasi putih.

Karena perbedaan kandungan serat, nasi putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dari nasi cokelat. Sehingga bisa menaikan kadar gula lebih cepat.

Diet dengan makanan tinggi glikemik bisa berdampak pada kadar gula darah dan energi, serta meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes tipe 2 dan risiko kesehatan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Melirik Sumber Karbohidrat Selain Nasi

2. Beras cokelat mengandung anti-gizi

Kulit padi yang masih ada pada beras cokelat mengandung Phytates. Phytates kadang juga disebut zat anti-gizi. Sebab, kandungan tersebut dapat mengikat zinc, magnesium dan kalsium. Serta mencegah zat-zat tersebut diserap oleh tubuh.

Beberapa orang berargumen bahwa diet yang kaya biji-bijian mengandung Phytates yang tinggi. Hal ini menjadi dasar pemikiran untuk tak menyertakan beras cokelat pada rencana makan pada Diet Paleo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.