Kebiasaan Rutin Ini Bisa Memperpanjang Usia

Kompas.com - 26/02/2018, 09:34 WIB
Ilustrasi pria dewasa bermain skateCreatas Ilustrasi pria dewasa bermain skate

KOMPAS.com - Beberapa kebiasaan dalam rutinitas sehari-hari ternyata bisa membuat kita lebih sehat. Bahkan, penelitian sains menemukan bahwa kebiasaan itu bisa menambah usia hidup kita. Benarkah?

1. Gigi yang bersih

Merawat kebersihan gigi ternyata memiliki korelasi dengan umur panjang. Sebab, kebersihan gigi juga bisa berhubungan dengan kesehatan jantung.

"Bakteri gigi telah ditemukan pada arteri-arteri yang terkena penyakit, dan plak tersebut tersimpan dalam arteri tersebut," kata Sanda Moldovan, DDS, ahli gigi asal Beverly Hills.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan pada The Journal of The American Heart Association menunjukkan bahwa perempuan dengan penyakit gigi memiliki tambahan 12 persen risiko kematian prematur.

Ini bisa dihindari dengan menjaga gigi tetap higienis dengan dental floss atau sikat gigi

"Pendapat para ahli medis mengatakan ini bisa menambah 18 bulan hingga enam tahun usia hidup seseorang," kata Moldovan.

Baca juga : Apa Hubungan Kebersihan Mulut dengan Penyakit Jantung?

2. Berhubungan seks

Secara rutin melakukan hubung seks yang berkualitas ternyata juga berpotensi menambah usia hidup seseorang.

Dokter asal Mount Sinai, Shanna Levine, MD menjelaskan bahwa jika kita bisa mencapai orgasme saat melakukan hubungan seksual, maka kita akan mendapatkan keuntungan dari hormon oksitosin yang dilepaskan.

Dalam sebuah studi, risiko kematian menurun 50 persen terhadap mereka yang rutin mengalami orgasme. Bagi laki-laki, orgasme juga kerap diasosiasikan dengan penurunan risiko kanker prostat.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa pada mereka yang memiliki pernikahan yang bahagia, dimana seks menjadi bagian dari itu, cenderung memiliki usia hidup yang lebih panjang.

"Seperti kita ketahui bahwa hubungan yang sehat dan positif bisa berdampak bagi kesehatan fisik dan emosional," ujar Dr Levine.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X