Latihan Nyanyi Bisa Bantu Mengurangi Kebiasaan Ngorok

Kompas.com - 16/03/2018, 10:17 WIB
Ilustrasi nyanyi kzenonIlustrasi nyanyi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Suara ngorok tidak cuma mengganggu tidur orang lain, tapi juga kualitas tidur pendengkur itu sendiri. Nah, berbahagialah mereka yang hobi berkaraoke ria atau menyanyi di kamar mandi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan bernyanyi bisa menjadi cara menghilangkan ngorok tanpa efek samping.

Dilansir dari laman NHS Choice, tim peneliti dari the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust menemukan bahwa latihan bernyanyi bisa menjadi cara menghilangkan ngorok yang efektif.

Kesimpulan ini didapat setelah mengamati 127 orang yang memiliki kebiasaan mendengkur ringan sampai yang ngorok kronis akibat sleep apnea.

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang diminta untuk rutin berlatih vokal 20 menit sehari selama 3 bulan menjadi lebih jarang ngorok daripada kelompok yang tidak diminta bernyanyi.

Mereka yang berlatih vokal setiap hari juga menunjukkan stamina yang lebih tinggi selama beraktivitas dan tidak menunjukkan rasa kantuk di siang hari.

Latihan bernyanyi yang rutin, lapor peneliti, dapat mengurangi tingkat keparahan dengkuran, frekuensi mendengkur, dan volume suara dengkuran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas tidur peserta. Berbanding terbalik dengan yang tidak latihan bernyanyi.

Baca juga : Mendengkur Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit

Kenapa bisa begitu?

Selama kita tidur, otot-otot tubuh akan melemas. Termasuk otot-otot lidah dan saluran pernapasan di belakang tenggorokan.

Otot saluran pernapasan yang kendur akan mempersempit saluran udara sehingga jadi lebih rentan bergetar ketika dialiri oleh udara dari paru-paru, sementara posisi lidah saat tidur yang terdorong lemas ke belakang akan menghalangi jalur keluar-masuk udara selama tidur.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X