Apakah Madu dan Kayu Manis Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Kompas.com - 17/03/2018, 19:03 WIB
Ilustrasi madu dan kayu manis EKramarIlustrasi madu dan kayu manis
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jerawat pasti membuat kamu sangat kesal, bukan? Tidak hanya mengganggu penampilan, tumbuhnya jerawat juga bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Berbagai cara pun banyak dilakukan orang agar kulit bisa terbebas dari jerawat. Selain menggunakan obat jerawat dari dokter, ternyata perpaduan madu dan kayu manis dapat membantu mengobati jerawat.

Sudah tahu bagaimana manfaat madu dan kayu manis untuk mengobati jerawat?

Proinibacterium acnes atau P. acnes adalah salah satu bakteri yang sering ditemukan dalam jerawat yang memerah dan meradang. Dibutuhkan zat yang memiliki sifat dapat melawan bakteri-bakteri penyebab jerawat ini.

Nah, madu dan kayu manis adalah kedua bahan yang memiliki sifat antibakteri ini, sehingga keduanya sering dijadikan sebagai cara alami mengobati jerawat.

Madu adalah cairan kental yang kebanyakan terbuat dari gula jenis glukosa dan fruktosa. Gula tersebut dalam madu mengandung protein, vitamin, mineral dan juga enzim.

Karena kandungannya tersebut, sudah sejak lama banyak orang yang menggunakan madu sebagai alternatif pengobatan medis untuk kulit. Contohnya untuk mengobati ketombe di kulit kepala, psoriasis, luka bakar, dan juga infeksi jamur. Madu juga sering dimasukkan dalam produk-produk perawatan kulit.

Madu juga terkenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Hal ini terkait dengan manfaat madu untuk membunuh dan menghambat perkembangan bakteri.

Dilansir dari laman Medical News Today, konsentrasi tinggi gula pada madu asli dapat memberi tekanan pada sel bakteri, sehingga membuat mereka cenderung tidak berkembang biak.

Enzim di dalam madu juga ditemukan bisa membentuk hydrogen peroxide yang mana memiliki sifat antimikroba, dikatakan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X