Lima Tips Kebiasaan Makan untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 23/03/2018, 09:11 WIB
Ilustrasi makanseb_ra Ilustrasi makan

KOMPAS.com - Menyantap makanan sembari menonton tv memang terasa nikmat. Sayangnya, kebiasaan itu perlu dihindari, apalagi kalau kamu tak mau punya berat badan berlebih.

Dikutip dari Men's Health, studi-studi terbaru mengungkap mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran alias fokus pada kegiatan makan itu sendiri, dapat memberikan kontribusi besar penurunan berat badan.

Mindful eating bahkan disebut lebih baik dibanding mereka yang diet. Karena saat mereka berhenti diet, berat badan akan kembali bertambah.

Beberapa praktik mindful eating yang umum diketahui seperti makan tanpa mengerjakan sesuatu yang lain, mempertimbangkan dari mana makanan berasal, dan makan saat lapar serta berhenti saat kenyang.

Selain mindful eating, peneliti Carolyn Dunn juga memberikan saran bagi yang ingin menurunkan dan tetap mempertahankan berat badan dalam keadaan ideal.

Saran pertama adalah mengisi piring makan dengan protein nabati seperti kacang. Dianggap tepat karena protein nabati semacam itu dapat membuat perus merasa lebih kenyang, sehingga mencegah makan berlebih.

Kedua, cobalah untuk makan selama 20 menit. Tujuannya adalah untuk membuat kamu lebih menikmati waktu makan sehingga bisa mengunyah makanan lebih halus dan memberi kesempatan pada tubuh untuk menerima sinyal kenyang. Selain itu, makan pun akan terasa nikmat karena benar-benar dirasakan.

Saran ketiga adalah bertanya lebih dulu ke diri sendiri jika menjadikan makanan sebagai pelampiasan stres. Sebenarnya itu adalah hal lumrah, tapi disarankan untuk melakukan beberapa hal lebih dulu seperti yoga atau menarik nafas agar lebih terkontrol saat makan.

Saran lain adalah jika ingin makan, pastikan mengasup camilan yang disukai. Kenapa? Karena dengan begitu kamu akan merasa menikmati.

Dan coba lah untuk menikmati di gigitan pertama. Dengan begitu, tak perlu menghabiskan keseluruhan camilan, sebab umumnya rasa nikmat ada pada gigitan pertama.

Terakhir, jangan makan sambil bekerja, membaca atau menonton tv. Karena saat makan dibarengi aktivitas lain, kita tidak akan fokus dan justru membuat makan tidak terkontrol.



Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X