Kompas.com - 05/04/2018, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Sekarang ini model rumah yang dibangun oleh para pengembang kebanyakan adalah hunian bertipe kecil. Lahan rumah yang terbatas  menuntut kamu untuk cermat dalam memilih dan menata furnitur rumah, sehingga setiap ruangan di rumah bisa berfungsi dengan baik dengan tampilan estetis yang tetap memikat.

Banyaknya variasi model dari furnitur rumah sebaiknya nggak membuatmu impulsif dalam memilih. Kamu tetap harus memperhatikan dimensi dan desain furnitur yang  sesuai dengan luas serta konsep desain ruangan di rumahmu.

Desainer interior dari Dekoruma, Kania, telah merangkum beberapa furnitur rumah yang sesuai untuk rumah bertipe kecil.

1. Sofa bentuk L untuk ruang keluarga
Furnitur rumah yang menjadi elemen utama dari sebuah ruang keluarga adalah sofa.  Namun, seringkali ukuran sofa yang dipilih tidak proposional dengan luas dan bentuk ruang keluarga yang ada.

Sofa dengan bentuk L bisa menjadi solusi untuk ruang keluarga yang sempit sekaligus bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan tanpa sekat. Untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebih luas, sebaiknya kamu menempatkan furnitur ini mengikuti bentuk siku dinding rumahmu.

Pilih sofabed yang bisa dengan mudah dibuka dan dilipat kembali.Dekoruma.com Pilih sofabed yang bisa dengan mudah dibuka dan dilipat kembali.

2. Sofa bed, furnitur multifungsi yang praktis
Furnitur rumah lain yang bisa mengatasi masalah keterbatasan ruang adalah furnitur yang bersifat movable atau dapat dilipat. Sofa bed berkualitas adalah salah satunya.

Agar sofa bed terasa lebih praktis saat digunakan, kamu dapat memadukan furnitur rumah ini dengan meja samping (side table). Kamu bisa dengan mudah membuka dan melipatnya kembali.

Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas. 
Dekoruma.com Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

3. Mini bar serbaguna
Pada rumah-rumah bertipe kecil, seringkali ruang tamu, ruang makan, dan dapur dijadikan satu tanpa adanya sekat. Untuk itu, diperlukan furnitur rumah yang bisa berfungsi sebagai pembatas antar ruangan. Mini bar minimalis adalah furnitur rumah yang bisa menjadi transisi antar ruangan tanpa sekat.

Selain bisa difungsikan sebagai meja makan dan meja dapur, kamu juga bisa menggunakanya untuk bekerja, rak-rak dibagian bawahnya bisa untuk menyimpan buku-buku dan dokumen.

4. Kabinet kaca, solusi penyimpanan dan kamar sempit
Untuk menghemat ruang pada kamar tidur yang kecil, kamu bisa menggunakan furnitur rumah multifungsi, seperti lemari geser dengan cermin. Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Kamu bisa menempatkan furnitur rumah ini di sudut kamar, sejajar dengan pintu masuk sehingga keseluruhan wajah dari kamar bisa terlihat melalui cermin.

5. Bangku dan stool yang punya fungsi rahasia
Menjaga kerapihan juga sangat penting untuk rumah bertipe kecil. Kalau banyak barang-barang berserakan, rumah jadi kelihatan sumpek.

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.