Kompas.com - 10/04/2018, 12:17 WIB
Rokok, ilustrasi Rokok, ilustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang berniat menghentikan kebiasaan merokok. Tapi apa yang terjadi? Kebanyakan tidak sanggup berpisah dari kebiasaan buruk ini lalu kembali merokok.

Ternyata langkah tegas dan cepat justru dianggap paling efektif untuk berhenti merokok. Caranya, berhenti total saat ini juga dan jangan kembali.

Metode tersebut bahkan dibuktikan oleh temuan studi terbaru dari Universitas Oxford, berhenti merokok secara tiba-tiba bisa menjadi cara terbaik untuk berhenti merokok jangka panjang.

Dalam studi tersebut, mereka yang berusaha benar-benar berhenti merokok secara langsung 25 persen lebih sukses berhenti merokok dalam empat minggu. Sementara 42 persen lainnya sukses berhenti setelah enam bulan.

Sedangkan mereka yang secara perlahan mengurangi jumlah rokok yang diisapnya tak bertahan hingga dua minggu.

Alasannya, mereka yang perlahan mengurangi jumlah rokoknya per hari cenderung tidak benar-benar berusaha berhenti merokok. Hal itu diungkapkan penulis studi, Nicola Lindson-Hawley, Ph.D.

Secara perlahan mengurangi jumlah rokok akan membuat seorang perokok merasakan 'kelaparan'. Kemudian mereka akan berpikir bahwa hari-hari tanpa sebatang rokok pun akan jauh lebih parah lagi. Mereka pun kembali pada kebiasaan merokoknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda halnya dengan mereka yang langsung berhenti merokok seketika.

Semuanya bergantung pada persepsi. Berhenti merokok bukan hal mudah bagi seseorang yang mencandu. Tapi, berhenti seketika akan berdampak pada pikiran untuk benar-benar berhenti merokok.

Jadi, langkah paling tepat adalah tentukan kapan akan membuang rokok yang dimiliki dan berhenti sama sekali.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.