Mengapa Menyusui Bikin Ibu Ngantuk?

Kompas.com - 24/05/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Menyusui bisa menimbulkan banyak reaksi pada tubuh seorang wanita. Mulai dari kehausan hebat hingga sedih karena adanya rasa cinta yang menggebu terhadap anak.

Salah satu reaksi umum lainnya adalah kelelahan. Terkadang, para ibu beranggapan hal itu terjadi karena kurang tidur dan kerap bangun di jam-jam tertentu untuk menyusui anak.

Namun, alasan lainnya mengungkapkan mengapa seorang ibu bisa mengantuk karena menyusui.

Hal itu dikarenakan pada proses menyusui, seorang ibu melepaskan hormon oksitosin atau hormon cinta.

Selain membantu ibu merasakan cinta terhadap bayi, hormon tersebut juga mengurangi stres dan memberi efek relaksasi pada ibu.

Ketenangan itulah yang kerap diterjemahkan sebagai kelelahan.

Baca juga: Siap Beri MPASI untuk Anak, Simak Tipsnya

Selain oksitosin, hormon prolaktin juga dilepaskan setelah air susu ibu (ASI) diantarkan pada bayi. Ini juga yang membuat seorang ibu mengantuk.

Untuk ibu yang baru saja melahirkan, prolaktin juga bisa menyebabkan kantuk.

Lebih jauh, seorang wanita juga menjadi sangat lelah ketika menjadi ibu dan menyusui karena adanya perubahan pola hidup saat beradaptasi dengan kehadiran bayi.

Jadi, jika kalian para ibu berpikir mengapa lebih lelah daripada sebelumnya, itu tak hanya disebabkan kurangnya waktu tidur. Menyusui sendiri bisa membuatmu sangat amat mengantuk.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber POP SUGAR
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X