Manfaat "Finger Food" untuk Kemampuan Makan Bayi

Kompas.com - 20/07/2018, 18:17 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Finger food atau makanan yang bisa dipegang oleh tangan anak saat memakannya, bukan sekadar camilan namun juga bisa merangsang kemampuan motorik anak.

Finger food biasanya menjadi cara untuk memperkenalkan makanan tertentu kepada anak. Bentuknya yang kecil dan mudah digenggam membuat anak bisa mengkonsumsinya tak memerlukan alat makan.

Pemilik katering makanan anak dan bayi @mammakanin, Inta Heruwanto, menyebutkan, finger food yang paling sering ditemui antara lain kroket, sosis, risol, kentang, hingga dadar gulung.

"Finger food tak harus makanan olahan, melainkan bisa juga merupakan sayuran segar. Misalnya ada menu utama ayam goreng mentega, finger food-nya aku kasih brokoli utuh dan kentang butiran. Ada juga yang suka kasih jagung gede," tuturnya.

Memperkenalkan finger food sejak dini pada anak ternyata banyak manfaatnya.

"(Kenapa) finger food atau makanan yang bisa dipegang karena mereka bisa sambil main, bisa lebih merangsang motoriknya," kata Inta seusai konferensi pers bersama Minute Maid, di Jakarta, Kamis (19/7).

Dikutip dari situs One Handed Cooks menyebutkan sejumlah manfaat utama memperkenalkan anak sejak dini pada finger food:

1. Membangun motorik mulut

Finger food membantu membangun kekuatan rahang dan pergerakan lidah dari bergerak mundur dan mengisap yang dimiliki bayi, kepada pergerakan samping ke samping.

Kebiasaan ini juga membantu anak memindahkan makanan ke gigi gerahamnya untuk mengunyah makanan lebih efisien.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X