Manajemen Sampah di Rumah dengan Cegah, Pilah, Olah, Ini Caranya!

Kompas.com - 09/08/2018, 10:03 WIB
IlustrasiThinkstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan besar selalu dimulai dari langkah kecil. Ini mungkin bisa jadi pemacu semangat bagi mereka yang ingin berperan dalam mendorong perubahan, salah satunya dalam hal menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan "ramah".

Hal ini pula yang dilakukan oleh DK Wardhani, akrab disapa Dini, dan mereka yang mengampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.

Di media sosial, khususnya Instagram, ada tagar #zerowasteyang berisi unggahan seputar tips dan pola hidup dengan meminimalisasi sampah.

Saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/8/2018), Dini mengatakan, ia menerapkan cegah, pilah, dan olah untuk mengurangi sampah rumah tangga. 

Ketiga cara ini bisa mengurangi volume sampah yang ada di lingkungan kita.

Bagaimana penerapannya?

1. Cegah sampah

Mencegah sampah dengan belajar zero waste adalah salah satu langkah awal yang bisa diterapkan di rumah.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Menolak penggunaan wadah plastik atau kresek saat berbelanja. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan tas kain, kardus, atau wadah lain.

Misalnya, saat membeli kentang di supermarket, gunakan wadah plastik dari rumah sebagai tempatnya. Hal ini dapat mengurangi penggunaan kantong plastik.

2. Menggunakan wadah sendiri ketika membeli makanan di luar rumah. Saat membeli makanan berkuah, dapat menggunakan rantang.

3. Membawa botol minum sendiri. Hal ini dapat diterapkan untuk mengurangi penggunaan botol atau gelas minuman yang berbahan dasar plastik.

Halaman:



Close Ads X