Mengenali Kandungan Gula dalam Buah Segar, Kering dan Jus

Kompas.com - 18/08/2018, 09:01 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Rutin mengonsumsi buah merupakan bagian dari pola makan yang harus kita miliki. Walau secara umum buah menyehatkan, tetapi beda jenis buah, beda pula nutrisi dan kalorinya.

Misalnya saja kelompok buah beri yang selama ini mungkin dianggap memiliki kandungan sama, padahal berbeda.

Perbedaan lain yang jelas dalam buah adalah kandungan gulanya. Ada buah yang mengandung gula tinggi seperti mangga atau durian, tapi banyak juga yang kandungan gulanya kecil.

Menurut pakar nutrisi Jillian Kubala, sekali pun beberapa buah memiliki kandungan gula lebih besar, secara keseluruhan buah diisi penuh oleh nutrisi yang baik untuk kesehatan.

“Buah segar, selain mengandung gula alami, juga ada vitamin, mineral dan anti-oksidan yang penting bagi kesehatan,” ungkap Kubala.

Menurut dia, masalah buah bukan pada kandungan gulanya, namun berapa banyak buah yangdikonsumsi dan bagaimana pemrosesannya.

Baca juga: Peran Sayur Tak Bisa Tergantikan oleh Buah

Buah yang mengandung sedikit gula

"Meskipun di antara jenis buah segar kadar gulanya bervariasi, perhatian utama harus ditujukan pada ukuran dan proses penyajian, daripada mengkhawatirkan buah mana yang mengandung gula paling sedikit," kata Kubala. 

Beberapa buah dengan kandungan gula sedikit seperti, raspberi, blackberry, kiwi, grapefruit, pepaya dan semangka. 

Ilustrasi smoothieShutterstock Ilustrasi smoothie
Buah yang mengandung banyak gula

Halaman:


Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X