Kompas.com - 20/08/2018, 19:19 WIB
Ilustrasi bekerja DragonImagesIlustrasi bekerja
Editor Wisnubrata


KOMPAS.com - Terkadang profesi kita menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam.

Menurut National Sleep Foundation, waktu kerja ini sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah metabolisme, penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga kanker.

Kerja shift malam dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu, kadar melatonin dalam tubuh juga menurun, ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis tubuh.

Namun, kita tetap bisa menjaga kesehatan tubuh selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Berikut tips menjaga kesehatan bagi mereka yang kerja shift malam.

1. Mengatur pola tidur

Ilustrasi tidurShutterstock Ilustrasi tidur
Kerja shift malam membuat kita harus tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin, yang membuata mengantuk dan kurang waspada. Pasalnya, memang tubuh dirancang untuk tidur di malam hari.

Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur antara 7-9 jam setiap malam. Kurang dari itu, kita akan mengalami “utang tidur.” Satu-satunya cara untuk membayar kembali utang tidur adalah untuk mengejar tidur yang dilewatkan, dan ini harus dilakukan sesegera mungkin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cobalah langkah-langkah ini untuk menjaga pola tidur:

  • Jangan menunda tidur. Kalau sempat dan sudah mengantuk, segera tidur.
  • Luangkan waktu sekitar 7 hingga 9 jam untuk tidur setelah kerja shift malam.
  • Makan dan minum sebelum tidur, karena untuk beberapa orang rasa lapar atau haus bisa bikin tidur tak nyenyak.
  • Jangan minum alkohol sebelum tidur. Alkohol dapat mengurangi kualitas tidur dan mengganggu tahap tidur, yang akan membuat kita merasa tidak segar pada hari berikutnya.
  • Jangan merokok sebelum tidur. Nikotin adalah stimulan yang menyebabkan susah tidur.
  • Pastikan kamar tidur tenang, gelap, dan sejuk. Gunakan penutup telinga untuk menghalangi kebisingan siang hari dan pasang tirai gelap untuk mencegah sinar matahari memasuki ruangan.
  • Beri tahu teman dan keluarga tentang jam kerjamu sehingga mereka tidak mengganggu jam tidur.

Baca juga: Perempuan yang Bekerja Malam Lebih Berisiko Terkena Kanker

2. Atur pola makan sehat

Ilustrasi makanan sehatkarandaev Ilustrasi makanan sehat
Seseorang yang kerja shift malam cenderung mengalami sindrom metabolik dan mengalami peningkatan risiko obesitas karena pola makan yang buruk dan gangguan jam biologis tubuh.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.