Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2018, 07:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak banyak label yang serius menggarap jam tangan berukuran minimal. Jika pun ada, beberapa memilih angkat kaki dari persaingan segmen tersebut setelah sekali merilis.

Nah, di antara sederet merk arloji yang bermain di segmen desain tipis, masih ada tiga label yang eksis—Piaget, Bvlgari dan Breguet.

Bulgari?s Octo Finissimo Tourbillon Automatic dengan ketebalan 3.95 mm Bulgari Bulgari?s Octo Finissimo Tourbillon Automatic dengan ketebalan 3.95 mm

Laman New York Post mengungkapkan, pada tahun 1957 misalnya, Piaget memperkenalkan 9P manual movement, memiliki ketebalan 2 mm, yang juga menjadikan Piaget sebagai label pertama menggarap arloji ultra-thin.

Baru-baru ini, tepatnya Januari 2018, Piaget kembali merilis 9P versi terbaru—Altiplano Ultimate Automatic 910P yang dibanderol antara 27.300 - 28.400 dollar AS (Rp 414 juta - Rp 430 juta). Dengan ketebalan berkisar 4,3 mm, 910P menandai rekor baru, meskipun  bertahan singkat, sebagai arloji otomatis paling tipis.

Piaget juga memamerkan konsep jam tangan—Altiplano Ultimate Concept—yang kira-kira setebal seperempat Automatic 910P, yakni sekitar 2 mm. 

Selain Piaget, ada juga Bvlgari, yang boleh dibilang sebagai pendatang baru untuk arloji berdesain tipis. Pada musim panas lalu, misalnya, beberapa bulan setelah 910P memulai debutnya, Bvlgari merilis Octo Finissimo Tourbillon Automatic setebal 3,95 mm, yang mengalahkan 910P dari sisi ukuran, bahkan dengan penambahan turbillon.

Terakhir adalah pembuat jam legendaris Abraham-Louis Breguet yang mematenkan mekanisme tourbillon pada tahun 1801. Merek ini masih mengkhususkan diri dengan spinning escapement yang memukau untuk meminimalkan efek gravitasi pada ketepatan.

Tahun ini, Breguet merilis arloji dengan ukuran tipis 7,5 mm—Classique Tourbillon Extra-Plat Automatique 5367 seharga 147,500 dollar AS atau lebih dari Rp 2,2 miliar.

The Breguet Classique 5367 Extra-Plat Tourbillon seharga $147,500 dengan ketebalan 7.45 mmBreguet The Breguet Classique 5367 Extra-Plat Tourbillon seharga $147,500 dengan ketebalan 7.45 mm

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.