5 Masalah Kesehatan yang Dihadapi Jika Sering Naik Pesawat

Kompas.com - 30/10/2018, 08:08 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat ViktorCapIlustrasi penumpang pesawat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semakin banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket perjalanan murah meriah untuk bepergian, entah itu hanya sekitaran domestik hingga ke luar negeri.

Tapi jangan salah. Berjam-jam duduk di dalam pesawat terbang diam-diam berbahaya untuk kesehatan kita. Apa saja risiko naik pesawat terbang bagi penumpangnya?

1. Terkena flu

Salah satu penyakit perjalanan udara yang banyak dialami adalah flu. Menurut Journal of Environmental Health Research pada tahun 2004, flu yang terjadi biasanya disebabkan oleh rendahnya kelembaban di dalam pesawat dan kecilnya ruang lingkup sirkulasi udara yang membuat virus mudah berpindah ke satu orang dan yang lainnya.

Selain itu, terdapat beberapa risiko penyakit serius yang bisa terbawa dari makanan yang kita makan di dalam pesawat terbang, lalu penyesuaian suhu tubuh yang buruk.

Penyesuaian tubuh yang buruk dapat menyebabkan kita merasa mual, demam dan bahkan hingga kematian mendadak.

Baca juga: 10 Hal yang Dialami Tubuh Saat Naik Pesawat

2. Terjadi penggumpalan darah

Penggumpalan darah di kaki (deep vein thrombosis) adalah salah satu risiko naik pesawat yang paling sering dihadapi penumpangnya.

Pasalnya kita diharuskan untuk duduk lama di kabin yang sempit sampai tiba di tujuan. Jika dibiarkan terus, penggumpalan darah ini bisa lepas dan berjalan ke paru hingga menyebabkan emboli paru.

Ada beberapa orang yang memiliki faktor risiko pembekuan darah, khususnya mereka yang obesitas, orang yang baru menjalani operasi, penyakit jantung, usia paruh baya, dan wanita yang sedang hamil atau sedang mengonsumsi pil KB.

Baca juga: Bagaimana Menghindari Sakit Kepala Saat Terbang?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X