4 Trik Sederhana Memulihkan Sakit Otot

Kompas.com - 16/11/2018, 13:14 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Semangat untuk rutin berolahraga bisa saja pupus ketika kita baru pertama berolahraga dan merasakan sakit dan kaku otot keesokan harinya.

Pada dasarnya rasa nyeri atau pegal pascalatihan bisa dialami siapa saja, pemula atau orang yang sudah rutin olahraga namun mengubah intensitas atau jenis latihannya.

Setidaknya, ada empat hal sederhana yang bisa membantu proses pemulihan otot menjadi lebih cepat.

1. Konsumsi kayu manis

Kayu manis dinilai efektif untuk meredakan rasa sakit selama sekitar 2400 tahun, ketika seorang dokter dari Yunani kuno Hippokrates menuliskan pada karya tulisnya soal kayu manis untuk pemulihan.

Menurut riset Journal of Clinical and Diagnostic, kayu manis bahkan lebih efektif meresakan rasa sakit ketimbang pereda nyeri ibuprofen.

Beltsville Human Nutrition Research Center menjelaskan, salah satu caranya adalah mengkonsumsi setengah sendok kayu manis dua kali sehari yang campurkan ke dalam kopi untuk meredakan peradangan.

2. Trik panas dan dingin

Otot yang dipakai hingga ke batas maksimal kapasitasnya juga akan mempercepat pemulihan. Caranya, menggunakan balok es dan tekan ke bagian otot yang sakit sekama satu menit. Kemudian, rendam bagian tubuh tersebut salam air hangat selama semenit.

Beri jeda waktu 12 menit untuk mengulangi kembali cara tersebut.

Baca juga: Pernah Turun 22 Kg, Sam Smith Kini Kerja Keras Bangun Otot

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X