Menepis Perasaan "Intimidasi Gym" - Kompas.com

Menepis Perasaan "Intimidasi Gym"

Kompas.com - 14/01/2019, 17:37 WIB
ilustrasi bosan di gymKatarzynaBialasiewicz ilustrasi bosan di gym

KOMPAS.com - Ketika baru pertama masuk ke dalam ruang pusat kebugaran yang luas dengan ratusan alat-alat yang asing bagimu dan orang-orang dengan bentuk badan nyaris sempurna, mungkin kita akan merasa bingung atau bahkan terintimidasi.

Ketika ada pada situasi tersebut, semangat berolahraga yang sebelumnya muncul mungkin perlahan hilang.

Tak sedikit orang yang merasakan gym intimidation atau intimidasi di pusat kebugaran. Dilansir dari laman Very Well Fit, ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasa terintimidasi.

1. Ruang terbuka
Jika kamu adalah tipe orang yang mencari privasi ketika berolahraga, maka bergabung dengan pusat kebugaran besar mungkin adalah pilihan yang kurang tepat.

Di sejumlah klub kesehatan, area olahraga mereka diisi dengan alat kardio yang berbaris rapi di belakang alat-alat beban. Beberapa tempat olahraga juga dikelilingi oleh jendela besar sehingga orang-orang di luar bisa melihat ke dalam ketika kita berolahraga.

2. Alat-alat yang membingungkan
Mesin treadmil, sepeda statis, elliptical, bola, alat beban, dan lainnya bisa sangat membingungkan bagi mereka yang belum pernah menggunakannya sebelumnya.

Ketakutan umum orang-orang yang baru pertama datang ke pusat kebugaran adalah takut terlihat bodoh ketika mencoba alat-alat tersebut.

Baca juga: 2 Kesalahan Umum yang Dilakukan Wanita Saat Nge-Gym

3.Sales agresif
Beberapa sales di pusat kebugaran mungkin akan secara agresif menawarkanmu program-program keanggotaan. Namun, ingatlah bahwa tidak semua pusat kebugaran seperti itu.

Karena merasa dipaksa, banyak orang pada akhirnya mengambil program tersebut meski tidak yakin apakah mereka membutuhkannya atau tidak.

4. Anggota tidak sabaran
Beberapa anggota gym memang sangat baik dan membantumu jika kamu butuh arahan. Namun, tidak semua anggota pusat kebugaran bersabar dengan pendatang baru. Hal ini biasanya mengerikan bagi mereka yang baru mencoba berolahraga di pusat kebugaran.

5. Orang-orang dengan tubuh sempurna
Ada banyak jenis orang di pusat kebugaran. Namun, kamu pasti bisa saja bertemu dengan orang-orang yang memiliki bentuk tubuh nyari sempurna. Banyak pendatang baru yang merasa terintimidasi melihatnya karena menilai tubuhnya tidak sesempurna orang-orang tersebut.

Baca juga: Alasan Berat Badan Tak Turun Meski Sudah Olahraga Beban

Mengatasi 'gym intimidation'

1. Memilih klub yang tepat
Ada banyak pilihan pusat kebugaran. Untuk meminimalisasi intimidasi tersebut, kamu bisa memilih pusat kebugaran yang disediakan oleh komunitas-komunitas tertentu. Seperti pusat kebugaran di rumah sakit, pusat kebugaran khusus wanita, studio personal training, dan lainnya.

2. Bangun kepercayaan diri
Untuk membuat sesi olahraga di pusat kebugaran lebih menyenangkan, buatlah dirimu lebih percaya diri dengan beberapa hal.

- Ikut sesi orientasi. Banyak pusat kebugaran menawarkan anggota barunya kesempatan untuk mengenal alat-alat di sana bersama personal trainer mereka. Kamu juga akan diajarkan cara menggunakan alat-alat yang ada. Hal ini setidaknya akan membangun kepercayaan diri dan kenyamananmu ketika berolahraga.

- Menyewa personal trainer. Personal trainer akan membantumu mencapai target kebugaran. Mereka juga akan mengedukasi bentuk tubuh yang tepat untuk melakukan gerakan tertentu, mengajarkan cara menggunakan alat dan mendukungmu ketika ingin mencoba aktivitas baru.

- Berolahraga dengan teman. Segala sesuatu akan tampak lebih mudah ketika kita bersama dengan teman, termasuk ketika berolahraga di pusat kebugaran. Ajaklah teman yang juga punya target sama denganmu sehingga kamu bisa mengajaknya berolahraga bersama.

- Jangan pilih waktu sibuk. Beberapa pusat kebugaran punya jam sibuknya masing-masing. Seperti pagi hari, waktu makan siang dan setelah kerja. Hindarilah keramaian dan kamu bisa datang berolahraga pada sore hari atau larut malam.

3. Gym rumahan.

Penting untuk diketahui bahwa pusat kebugaran tidak untuk semua orang. Untuk bisa berolahraga kamu tidak harus bergabung dengan keanggotaan pusat kebugaran. Sebagai opsi, kamu bisa membangun gym rumahanmu sendiri atau berolahraga di luar ruangan.

Kamu juga bisa menyewa instruktur untuk dihadirkan di rumah tanpa distraksi dari orang lain. Ada banyak opsi untuk hidup sehat, jadi pilihlah yang paling sesuai dan nyaman untukmu.


Terkini Lainnya


Close Ads X