Kompas.com - 06/02/2019, 18:18 WIB
ilustrasi memakai sheet mask shutterstockilustrasi memakai sheet mask
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kesibukan seringkali membuat kita tidak sempat merawat wajah, apalagi memakai masker. Namun kehadiran sheet mask, alias masker lembaran sekali pakai, membuat rutinitas itu bisa dilakukan kembali.

Masalahnya, karena kepraktisan, beberapa orang kemudian meninggalkan perawatan wajah yang biasa mereka lakukan, dan hanya mengandalkan sheet mask saja. Tidak sedikit pula yang memakainya tiap hari. Tapi apakah hal itu baik untuk kulit?

Menurut dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK, pada dasarnya, tidak ada batasan maksimal dari penggunaan produk perawatan kulit wajah ini. Hal ini dikarenakan umumnya produk-produk jenis ini memang dirancang aman untuk digunakan setiap hari.

"Namun, menurut saya kita cukup menggunakannya satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Mengapa? Karena kandungannya yang cukup beragam dan terkadang sifatnya terlalu oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air di permukaan kulit," ujarnya seperti dikutip HelloSehat.

Sehingga jika dipakai setiap hari kulit malah akan sulit bernapas. Jadi, sebaiknya untuk pemakaian harian guna melembapkan kulit, kita bisa memakai pelembap bentuk krim, gel, ataupun losion.

Menurutnya, kita juga bisa menggunakan produk sheet mask yang berbeda-beda, asalkan tidak alergi terhadap kandungan produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk membaca bahan aktif yang tercantum di dalamnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sheet mask adalah jenis kulit wajah. Apakah termasuk kering, berminyak, atau kombinasi. Pilih masker yang sesuai dengan jenis kulit tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapan kita bisa menggunakan sheet mask? Pada dasarnya tidak ada batasan kapan kita sebaiknya memakainya, karena waktu yang diperlukan hanya sekitar 15 menit saja.

Meski begitu, beberapa sheet mask akan meninggalkan kesan berminyak dan berkilau, sehingga sebagian orang memilih mengenakannya di malam hari sebelum istirahat.

Baca juga: Mendapatkan Kulit Indah Tanpa Merugikan Bumi

Selain itu, menurut The Body Shop, yang juga mengeluarkan sheet mask dari seri Drops of Youth, ada 3 cara menarik yang dapat kita lakukan:

  • Gunakan saat bersantai. Nyalakan lilin aromaterapi dan nikmati sheet mask saat me time. Cara ini akan memberi rasa rileks baik kulit maupun pikiran
  • Skincare saat di atas awan. Yup! Gunakan sheet mask saat di dalam pesawat untuk melawan udara kering di dalam sana.
  • Bawa saat liburan sehingga kulit tetap tampak cantik dan segar tanpa harus membawa begitu banyak produk

"Tidak peduli berapa pun usiamu, kamu pastinya membutuhkan sesuatu yang cepat, mudah digunakan, sehingga cocok untuk gaya hidup yang sibuk. Sheet mask akan membantu membuat kulit tampak segar dan kecang," kata Jennifer Hirsch, Beauty Botanist untuk The Body Shop.

Menurutnya, kulit terdiri atas 70% komponen air. Saat kulit kekurangan cairan maka kulit akan tidak berfungsi optimal. Kulit kering yang mudah mengalami pecah-pecah, teriritasi, kasar, dan mengelupas sangat membutuhkan hidrasi yang intensif.

"Nah, dengan sheet mask, kulit akan mengambil air yang dibutuhkan dari dalam masker, dan bahan aktifnya akan membuat kulit tampak kenyal,” ujarnya.

Baca juga: Mengulik Tren Sheet Mask: Apakah Cocok Buat Semua Orang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.