Kompas.com - 01/04/2019, 14:27 WIB
Ilustrasi pasangan bahagia DragonImagesIlustrasi pasangan bahagia
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Putus memang menyesakkan hati. Namun, bagi sebagian orang, menjalani hari-hari untuk kembali sendiri mungkin akan lebih menyiksa.

Untuk itu, terkadang pilihan untuk mencari pacar baru kerap melintas di dalam pikiran sebagai solusi. Namun sebenarnya, bolehkah langsung memulai hubungan kembali saat baru saja putus cinta?

Sebenarnya tidak ada yang melarang kamu untuk langsung punya pacar lagi setelah putus. Namun pertanyaannya, apa tujuanmu melakukan hal tersebut? Sebagai pelampiasan rasa sepi saja atau memang karena siap memulai hubungan kembali? Hal inilah yang kemudian perlu ditanyakan ke dalam diri.

Chamin Ajjan, seorang terapis seks asal Amerika Serikat, menyatakan bahwa berpacaran dengan tujuan untuk menemukan pasangan baru tanpa terlebih dahulu menyelesaikan perasaan yang lalu menunjukkan sisi egois dalam diri.

Hal ini disebabkan saat kamu memutuskan memiliki pacar lagi, namun perasaanmu belum stabil atau selesai, maka kamu membuat pasangan barumu menjadi korban tanpa diketahuinya.

Baca juga: Cara Cepat Move On Setelah Putus Cinta

Ketika baru putus cinta bukan tidak mungkin semua kenangan tentang mantan kekasih masih sangat melekat di dalam hati. Jika memang itu yang terjadi, mengapa buru-buru mencari pacar baru? Apa tujuannya punya pacar lagi?

Intinya, jangan korbankan orang lain jika tujuannya hanya sekadar untuk mengisi kekosongan hati setelah putus dengan mantan.

Menurut Ajjan, jika kamu masih merasa sakit hati, masih terobsesi dengan mantan, atau bingung apa yang salah di dalam diri hingga bisa putus, tandanya kamu belum siap memulai hubungan yang baru.

Kamu butuh waktu untuk pulih dari hubungan masa lalu. Biasanya, lama atau tidaknya bergantung pada banyak faktor, mulai dari keseriusan hubungan hingga penyebab putus itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya jangan langsung memacari seseorang saat baru putus cinta.

Daripada sibuk mencari pacar baru, lebih baik berikan diri waktu untuk berpikir dan instrospeksi diri.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Kembali Berkencan Setelah Putus Cinta?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X