Kompas.com - 28/05/2019, 07:31 WIB
ilustrasi bosan di gym KatarzynaBialasiewiczilustrasi bosan di gym

KOMPAS.com - Seperti halnya pola diet, program olahraga juga terus berkembang. Banyaknya pilihan membuat kita tak jarang memilih program latihan berdasarkan popularitas, iklan dan kenyamanan.

Tak heran jika olahraga atau diet kemudian berhenti di tengah jalan. Di sinilah pentingnya "mengenal diri sendiri" sehingga kita tahu kebutuhan tubuh.

Keutamaan "mengenal diri sendiri" diusung oleh para filsuf terkenal, salah satunya Socrates untuk membuat hidup selangkah lebih baik.

Professor psikiatri Thomas Rutledge, Ph.D., mengatakan, dalam praktik di zaman modern, filosofi "mengenal diri sendiri" juga sebagai cara bagaimana orang mampu membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup, menuju target penurunan berat badan.

Pendapat, kebiasaan atau nilai-nilai mungkin bisa berubah, tetapi kepribadian cenderung cukup stabil dari waktu ke waktu.

Baca juga: 6 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengungkap Kepribadian Seseorang

Meskipun kepribadian kita secara keseluruhan unik, Rutledge mengatakan penelitian menyebut ada kecenderungan kepribadian kita terdiri dari 5 faktor: openness (kreativitas dan minat abstrak), conscientiousness (etos kerja dan ketertiban), extroversion (keramahan dan antusiasme), agreeableness (kasih sayang dan kesopanan), dan neuroticism (kecenderungan ke arah emosi negatif).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada banyak tes lima kepribadian yang tersedia hari ini. Bisa kita temukan online dan gratis.

Mengetahui lima faktor tersebut bisa membantu memberikan informasi yang berguna tentang kepribadian kita. Biasanya, ada skor rata-rata untuk setiap kepribadian. Setelah mengikuti tes, kamu akan tahu apakah skormu di setiap kepribadian tinggi atau rendah.

Tipe kepribadian itu bisa dipakai untuk banyak hal dalam hidup, termasuk menemukan  program olahraga yang tepat bagi diri kita. Berikut contohnya:

1. Openness

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.