5 Cara Bijaksana Mengungkapkan Beda Pendapat dengan Atasan

Kompas.com - 16/06/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi imtmphotoIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tidak semua atasan menghargai karyawan yang berani mengungkapkan pandangan yang bertentangan, khususnya dalam budaya yang lebih konservatif seperti di Asia.

Tak seperti budaya di negara Barat, di mana orang didorong untuk berbicara dan menegaskan kepribadian mereka, budaya Asia umumnya kurang suka mempertanyakan otoritas dan mengekspresikan pandangan yang berlawanan.

Senioritas menang atas segalanya dan untuk tidak setuju dengan atasan berarti melanggar norma-norma budaya.

Kendati demikian, diakui telah ada perubahan bertahap menuju budaya kerja Asia yang lebih terbuka dan memberdayakan. Sebagian besar didorong oleh media sosial dan pembagian nilai serta ide terbuka antara orang-orang di berbagai belahan dunia.

Oleh karena itu, sekalipun masih ada organisasi konservatif yang mengharapkan karyawan untuk menundukkan kepala dan melakukan apa yang diperintahkan, kabar baiknya adalah kian banyak perusahaan progresif dan liberal di Asia saat ini, terutama yang bekerja pada bidang start-up dan teknologi.

Selain itu, tidak masalah untuk berbeda pandangan dengan atasan, dan dia bahkan mungkin menghargai perspektif yang berbeda - selama kamu melakukannya untuk alasan dan cara yang benar.

Dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, JobStreet.com, situs informasi lowongan kerja di Indonesia, berbagi lima cara sederhana, namun efektif saat tidak setuju dengan atasan:

1. Berikan alasan yang konstruktif/membangun

Jangan sekadar tidak setuju karena memang tidak setuju. Beri pandangan dengan fakta yang relevan dan tawarkan solusi yang layak untuk masalah tersebut.

Sebab, sikap kritis tanpa menawarkan saran yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah hanya dianggap akan mengganggu atasan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X