10 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kompas.com - 27/06/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Seperti pepatah tentang apel : Jalan kaki 30 menit sehari dapat menjauhkan kita dari dokter.

Manfaat dari kegiatan fisik yang tidak terlalu berat ini memang banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan dan mengurangi stres, hingga menurunkan tekanan darah.

Menurut dokter Melina B. Jampolis, penulis buku The Doctor on Demand Diet, berjalan kaki 30 menit sehari yang dilakukan secara teratur merupakan salah satu hal terbaik dan mudah yang bisa kita lakukan untuk kesehatan tubuh.

“Berjalan adalah olahraga nomor satu yang saya sarankan untuk sebagian besar pasien saya karena itu paling mudah untuk dilakukan. Tidak memerlukan apapun kecuali sepasang sepatu tenis,” katanya.

Yuk, simak apa saja manfaat hebat dari rutinitas jalan kaki setiap hari, minimal 30 menit.

Memperbaiki mood

Sebagian orang butuh sebatang coklat atau semangkuk mi kuah untuk memperbaiki hari yang buruk. Berjalan kaki merupakan alternatif yang lebih sehat karena efeknya sama tapi kalori yang masuk nol.

Jampolis mengatakan, penelitian menunjukkan jalan kaki memodifikasi sistem saraf sehingga bisa menurunkan emosi kemarahan dan permusuhan. Apalagi, jika kita berjalan dengan pasangan, tetangga, atau sahabat, interaksi sosial bisa membantu hubungan semakin erat dan meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Ups, Bad Mood Ternyata Bisa Menular

Meningkatkan Kreativitas

Menurut sebuah studi tahun 2004 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, berjalan bisa meningkatkan keativitas.

Para peneliti melakukan tes berpikir kepada dua subjek: orang yang sambil duduk dan orang yang sambil berjalan. Hasilnya para pejalan kaki lebih kreatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X