Mengusir Lemak Perut Membandel Lewat Diet Vegan

Kompas.com - 10/07/2019, 10:32 WIB
Ilustrasi sayuran segarShutterstock Ilustrasi sayuran segar

KOMPAS.com - Pola makan vegan yang menghindari semua jenis produk hewani memang berdampak positif bagi kesehatan dan berat badan.

Ahli gizi teregistrasi untuk The Vitamin Shoppe, Rebekah Blakely mengatakan, mengeliminasi produk-produk hewani akan membuat pola makan kita sangat rendah lemak jenuh.

Selain itu, menerapkan pola makan vegan juga baik karena tinggi serat. Sebab, sumber-sumber makanan vegan adalah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, legume, hingga biji-bijian utuh.

"Serat bisa membuat kita kenyang, menurunkan gula darah, serta menjaga jantung dan usus tetap sehat," kata Blakely.

Beberapa orang yang menerapkan pola makan vegan juga mendapatkan manfaat lebih, yaitu memiliki tubuh ideal. Menerapkan vegan ternyata juga bisa membantu meluruhkan lemak perut yang membandel.

Menurut Ahli gizi senior untuk Swanson Health, Lindsey Toth, MS, RD, riset menunjukkan bahwa pemakan daging cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih tinggi.

Karena pola makan vegan fokus pada nutrisi berbasis tanaman dan makanan alami, maka  membantu target menurunkan berat badan daripada pola makan tradisional.

"Namun, kita tetap harus cermat dan memastikan asupan makronutrien dan mikronutrien cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat," kata Lindsey.

Baca juga: Mengenal Diet Pegan, Kombinasi Diet Paleo dan Vegan

Pemenuhan nutrisi memang harus diperhatikan oleh para pelaku vegan. Sebab jika tidak berhati-hati, orang-orang yang menerapkan pola makan vegan bisa kekurangan nutrisi kunci, seperti zat besi, Vitamin B12, seng, kalsium, hingga asam lemak omega 3.

"Namun mereka yang merencanakan pola makannya dengan baik masih akan mendapatkan nutrisi tersebut, kecuali B12," kata Rebekah.

Ketika kamu mau menjalankan pola diet tertentu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Jika perlu, penuhi kebutuhan nutrisi yang kurang dengan suplemen.

Bila tubuh kekurangan nutrisi penting, kita mungkin saja justru mengalami kenaikan berat berat badan dan penambahan ukuran lingkar pinggang.

Rebekah mengingatkan, jika ingin meluruhkan lemak perut kurangi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, dan makanan manis.

Sebab, ada banyak makanan olahan di pasaran yang diklaim cocok untuk vegan, tetapi sebetulnya kurang sehat.

Jika kamu belum sepenuhnya siap menjalani pola makan vegan, ada beberapa tahapan yang bisa dilalui untuk mengubah pola makanmu secara perlahan sambil meluruhkan lemak perut.

Lindsey mengatakan, cukup kurangi konsumsi makanan olahan dan makan lebih banyak sayuran. Dua langkah itu akan cukup memberimu perubahan besar dalam usaha penurunan berat badan.

Selain itu, usahakan membatasi konsumsi produk daging atau hewani dalam seminggu.

"Usahakan mendapat lebih banyak asupan protein dari sumber protein nabati yang akan lebih baik untuk tubuh kita dan lingkungan," kata dia.

Baca juga: Cara Mengurangi Lemak Perut Menurut Sains

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X