Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2019, 13:29 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Memiliki teman yang ada saat suka dan duka sangat kita butuhkan untuk kesejahteraan hidup kita secara keseluruhan.

Namun, seiring bertambahnya usia sangat sulit sekali untuk membangun pertemanan.

Yah, kita sepertinya butuh usaha ekstra untuk membangun pertemanan di usia dewasa.

Riset dari University of Kansas telah membuktikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk seseorang dalam membangun pertemanan di usia dewasa.

Riset dilakukan dengan survei online yang menanyakan pendapat mereka tentang seseorang dan kedekatan mereka secara emosional dengan orang tersebut.

Baca juga: Putus Cinta juga Pengaruhi Hubungan Pertemanan...

Periset juga menanyakan, berapa jam per minggu yang mereka habiskan bersama teman, dan berapa lama mereka saling mengenal.

Survei ini secara eksklusif dilakukan kepada orang-orang yang telah pindah tempat tinggal dalam enam bulan terakhir dan sedang dalam proses mencari teman baru.

Periset juga menemukan seseorang hanya bisa menangani sekitar 150 pertemanan. Peneltii juga mengidentifikasi adanya tiga tingkat dalam pertemanan atau persahabatan, yaitu persahabatan kasual, persahabatan biasa, dan persahabatan dekat.

Untuk menjalin pertemanan kasual, dibutuhkan sekitar 40 hingga 60 jam, Untuk pertemanan biasa, butuh sekitar 80 hingga 100 jam, dan lebih dari 200 jam untuk menjalin pertemanan akrab.

Menurut peneliti, sampai taraf tertentu, persahabatan terjalin lebih mudah saat usia kita belum mencapai masa dewasa.

Baca juga: Yang Harus Kita Pahami saat Meminjam Uang Kepada Teman

Di usia mahasiswa, misalnya, menjalin pertemanan hanya perlu periode waktu yang lebih singkat untuk bersama-sama. Sementara itu, mereka yang sudah lulus dari bangku kuliah membutuhkan waktu yang lebih lama.

Hal ini mungkin terjadi karena mereka yang sudah memasuki usia pasca-perkuliahan memiliki tanggung jawab lain atau mungkin tinggal di lingkungan atau tempat yang berbeda.

Memiliki perteman yang kuat dan dapat diandalkan dapat menghasilkan banyak manfaat kesehatan dan karier.

Namun, semua itu membutuhkan waktu untuk berkembang. Menghabiskan waktu berkualitas dengan teman-teman, pergi berlibur bersama, dan bahkan meluangkan waktu untuk mendengarkan musik favorit bersama dapat menjaga ikatan pertemanan tetap sehat dan kuat.

Baca juga: “Pertemanan Sehat”, Geng yang Sebarkan Pentingnya Hidup Sehat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber InStyle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com