Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Menjalin Pertemanan?

Kompas.com - 19/07/2019, 13:29 WIB
ilustrasi teman beer5020ilustrasi teman

KOMPAS.com - Memiliki teman yang ada saat suka dan duka sangat kita butuhkan untuk kesejahteraan hidup kita secara keseluruhan.

Namun, seiring bertambahnya usia sangat sulit sekali untuk membangun pertemanan.

Yah, kita sepertinya butuh usaha ekstra untuk membangun pertemanan di usia dewasa.

Riset dari University of Kansas telah membuktikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk seseorang dalam membangun pertemanan di usia dewasa.

Riset dilakukan dengan survei online yang menanyakan pendapat mereka tentang seseorang dan kedekatan mereka secara emosional dengan orang tersebut.

Baca juga: Putus Cinta juga Pengaruhi Hubungan Pertemanan...

Periset juga menanyakan, berapa jam per minggu yang mereka habiskan bersama teman, dan berapa lama mereka saling mengenal.

Survei ini secara eksklusif dilakukan kepada orang-orang yang telah pindah tempat tinggal dalam enam bulan terakhir dan sedang dalam proses mencari teman baru.

Periset juga menemukan seseorang hanya bisa menangani sekitar 150 pertemanan. Peneltii juga mengidentifikasi adanya tiga tingkat dalam pertemanan atau persahabatan, yaitu persahabatan kasual, persahabatan biasa, dan persahabatan dekat.

Untuk menjalin pertemanan kasual, dibutuhkan sekitar 40 hingga 60 jam, Untuk pertemanan biasa, butuh sekitar 80 hingga 100 jam, dan lebih dari 200 jam untuk menjalin pertemanan akrab.

Menurut peneliti, sampai taraf tertentu, persahabatan terjalin lebih mudah saat usia kita belum mencapai masa dewasa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber InStyle
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X